Skip to main content

INGIN SEHAT?JANGAN ASAL MINUM JUS

 
iamge by flickr

GriyaBioGreen  Bikin sendiri atau beli jus dalam kemasan?Apa bedanya fruit juice dan fruit drink?Baca label pada kemasannya.

Jus buah dan sayuran memang tidak hanya nikmat dan segar,tapi juga kaya vitamin,mineral,enzim,dan antioksidan pelindung tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit .Itulah sebabnya,minum jus setiap hari sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

    Bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat membuat jus sendiri,jus dalam kemasan yang praktis dan instan jadi pilihan.Beragam produk jus dalam kemasan dengan berbagai rasa yang beredar dipasaran ,kadang memang membuat konsumen bingung untuk memrntukan pilihan.Tapi ,Anda juga harus waspada ,jangan sampai salah memilih produk jus dalam kemasan.

Jus asli vs minuman sari buah

    Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti kanker,penyakit jantung,diabetes,dan katarak.Sayangnya banyak orang yang kurang suka mengkonsumsi sayuran dan buah.Salah satu cara untuk melengkapi konsumsi sayur dan buah adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

   Untuk orang yang malas membuat jus ,jus dalam kemasan memang praktis dan menawarkan pilihan rasa yang beragam .Dari sisi penampilan ,baik warna jus dan kemasannya memang mengoda selera.Tapi ,apakah jus dalam kemasan berkhasiat sama dengan jus segar?

   StephenBlauer,penulis buku The Juicing Book,mengingatkan untuk selalu membaca label pada kemasan karena seringkali jus yang diberi embel-embel alami ternyata tidak terbuat dari buah asli.Selain itu,sudah menjadi praktik standar bagi produsen jus untuk menambah bahan aditif berupa pewarna ,perasa,gula ,garam,dan pengawet pada produk jus.

    Berdasarkan kandungan nutrisi serta bahan yang digunakan dalam pengolahannya ,ada dua macam minuman buah dalam kemasan yaitu jus buah [fruit juice] dan minuman buah[fruit drink].

     Jus buah asli terbuat dari buah segar tanpa penambahan air serta penambahan gulanya tidak boleh lebih dari 4 persen.Namun banyak juga produk jus yang mengalami proses pengeceran dengan menambah air ke konsentrat buah[dengan perbandingan jumlah air yang sama dengan yang dihilangkan saat jus buah diubah menjadi konsetrat buah].Pada label jus buah ,akan dijelaskan persentase kandungan jus buah asli,misalnya100%,50%,dan lainnya.Kandungan jus 50%,artimya jus tersebut telah mengalami proses pengeceran dengan air dengan perbandingan volume yang sama.Biasnya,produknya,produk jus dikemas dalam karton dan botol transparan dari plastik atau kaca.

    Keterangan % sari buah ini wajib tercantum dalam kemasan produk jus .Menurut Badan Pengawas dan Makanan [BPOM RI],dalam Pedoman Umum Pelabelan Produk Pangan tahun 2004,minuman yang diformulasiakan mengandung sari buah [termasuk sari sayuran ]harus memberikan pernyataan mengenai % sari buah dalam label kemasannya.Pernyataan ini bisa dalam bentuk " mengandung ....%sari buah"atau ".....% sari sayuran".Keteranagan ini harus ditulis dengan cetakan tebal yang mudah dibaca oleh konsumen.Minuman yang mengandung 100% sari buah boleh dinyatakan sebagai jus atau sari buah.Sedangkan jus yang terbuat dari konsetrat jus buah atau sayran labelnya harus diberi keterangan "dari konsetrat"atau "hasil rekonstitusi baca label jus ,apa artinya.

   Sedangkan fruit drink alias minuman beraroma buah tidak perlu mencantumkan hal tersebut karena biasanya kandungan jus buahnya hanya hanya 5% atau bahkan tidak mengandung buah atau sayuran sama sekali.Minuman tersebut hanya terbuat dari gula ,zat pewarna,dan diberi tambahan perasa buah-buahan.

Yang Alami Tetap Lebih Baik

    Selain untuk menjaga kesehatan,konsumsi ju juga bisa dimanfaatkan untuk terapi .Terapi jus adalah menggunakan jus buah dan sayuran segar yang tidak diproses untuk melakukan detoksifikasi [proses pembuangan toksin dari dalam tubuh ]dan penyembuhan penyakit.Untuk kepentingan terapi jus sebaiknya tidak menggunakan jus kalengan,botolan,ataupun yang dikemas dalam kotak.Sebaiknya penggunaan jus mentah yang masih utuh untuk keperluan terapi .Jus yang telah dimasak,diproses ,dikalengkan,atau dipasteurisasi akan kehilanagan nutisi dan enzim yang terkandung didalamnya sehingga khasiatnya sudah berkurang.


   Ada beberapa hal yang perlu diperhatiakn saat membuat jus,jus harus segera diminum setelah dibuat karena jus segar mudah teroksidasi dan jika disimpan akan kehilangan khasiat peyembuhannya.Waktu terbaikuntuk minum jus adalah sewaktu perut kosong yaitu pagi sebelu sarapan atau diantara dua waktu makan.Minum jus bersamaan dengan waktu makan akan menganggu proses percernaan .

   Membuat jus sendiri memang butuh waktu dan tenaga.Namun,karena tidak semua jus buah kemasan yang ada dipasaran mengandung 100 persen buah asli dan alami.

Bahasa Label Jus,Apa Artinya?

    Bagi Anda yang gemar minum jus dalam kemasan terutama yang punya hobi membeli produk jus kemasan impor,mungkin pernah mengamati label kemasan jus yang mencatumkan komposisi[ingredient]bahan produk jus.Ada yang menyebutkan "dari konsetrat,""hasil rekonstitusi"atau,"dipasteurisasi."Apa sih arti istilah-istilah itu?

1.Konsetrantrat[concentrate]:Terbuat dari jus segar yang dipanaskan untuk menghilangkan sebagian kandungan airnya.Proses perubahanmenjadi konsetrat ini dilakukan untuk memudahkan dalam hal penyimpanan dan transpotasi.Proses pemanasanakan menghilangkan sebagian nutisi jus ,terutama enzim dan vitamin larut air seperti vitaminC.

2. Rekonstitusi [reconstitud]te:Proses penambahan air pada konsetrat jus dalam jumlah yang sama dengan jumlah air hilang saat jus diubah menjadi konsetrat.Bahan pegawet dan perasa buah atau sayur biasanya ditambahkan untuk meningkatakan masa simpan dan mengembalikan nrasa alami jus.

3.Pasteurisasi[pasteurization]:Proses pemanasan cairan jus dengan suhu kurang lebih 63-75 derajat celcius selama beberapa beberapa detik untuk mengurangi jumlah bakteri patogen.Proses ini tidak membunuh seluruh mikroorganisme,karenanya produk jus yang dipasteurisasi harus disimpan dikulkas [5-6 derajat Celcius] dan dikonsumsi sebelum tanggal kadaluwarsa.

4. Utra High Temperature[UHT]:Proses sterilisasi dengan suhu tinggi 135-145 derajat Celcius dalam waktu singkat [1-2 detik]'Pemanasan dengan suhu tinggi bermanfaat membunuh seluruh mikroorganisme ,sedangkan waktu pemanasan yang singkat bermanfaat mencegah kerusakan nutrisi serta mendapatkan warna,aroma,dan rasa yang relatif tidak berubah seperti jus segarnya.Produk jus yang mengalami proses UHT memliki umur simpan yang sangat panjang pada suhu kamar  yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tak perlu dimasukkan ke lemari pendingin.

Tip Memilih Jus Dalam Kemasan

Supaya Anda tidak bingung dan bisa mendapat produk terbaik,berikut ini panduan sederhana memilih jus kemasan:

1.Perhatikan labelnya.Baca label kemasan jus buah dengan teliti .Cermati komposisi bahan dan informasi gizi yang tertera ,pada label.Pilih produk jus yang mencatumkan keterangan "100% jus/sari buah"serta tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna dalam komposisi bahannya.

2. Pilih produk jus yang terbuat dari sari buah asli.Patokan mudah untuk membedakan jus buah asli dengan minuman beraroma buah adalah perhatiakan kekeruhan jus.Umumnya semakin keruh jus,semakin banyak kandungan buah asli didalamnya.Karena itu produk jus yang mengandung 100 persen buah asli ,umumnya mencantumkan anjuran agar konsumen mengocok minuman tersebut terlebih dahulu sebelum meminumnya agar endapan jus atau potongan daging buah dapat tercampur merata saat diminum.

3. Perhatikan kemasannya.Pilih kemasan jus yang tidak gembung [baik dalam bentuk karton atau botol plastik ].Kemasan yang kembung menunjukan adanya akumulasi gas yang diproduksi oleh mikroba kontaminan.Kemasan juga harus kedap sinar atau kedap udara.Jangan memilih kemasan jus yang terbuat dari kaca atau plastik karena tidak kedap cahaya.Ini dapat merusak kandungan vitamin yanga ada dalam jus kemasan tersebut.Selain itu pilih produk yang menerapkan teknologi sterilisasai UHT yang dikombinasi pengemasan secara aseptik dengan bahan kemasan multilapis yang memungkinkan jus buah bebas dari bakteri patogen dan bisa bertahan tanpa pengawet.

4. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa Dalam Kemasan.

Pilih produk yang tanggal kadaluwarsanya masih berlaku lebih dari 6 bulan kedepan .Selain alsan keamanan,semakin dekat tanggal kedaluwarsa jus buah kandungan nutrisi juga semakin berkurang.

5. Jika Kemasan Jus Sudah Terbuka Dan Jus Belum Habis ,Simpan sisa jus buah dalam lemari pendingin 5-10 derajat celcius.Karena sifat perlindungan dari kemasan terhadap kualitas mutu produk akan hilang setelah kemasn dibuka.Jus akan bertahan selama 3-7 hari.Lebih dari itu,rasa maupun manfaat jus sudah jauh berkurang >Jangan konsumsi jus bila rasanya berubah karena perubahan rasa menunjukan produk tersebuit sudah terkontaminasi bakteri.



Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Kota Madiun .Coba Intip Yuk Keramaiannya !

         GRIYA MADIUN  -Tak terasa tahun baru telah kita lewati ,berbagai kisah bahagia ,sedih telah menjadi bagian cerita dan kisah hidup , mau atau tidak mau wajib menjalani perannya masing-,masing. Di berbagai masyarakat di belahan dunia mana pun merayakan pergantian tahun di rayakan  dengan berbagai acara yang meriah ,dengan harapan tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin  . Tak terkecuali masyarakat di sekitar kota Madiun juga ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di pusatkan di Pahlawan Street Center ( PSC ) dan juga di Alun -Alun kota Madiun. Kami pun dari GMAMIL Team Sabtu (31/12/2022 ) tak ketinggalan ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di jalan Pahlawan kota Madiun yang di padati pengunjung yang sejak sore hari hingga tengah malam. Sepanjang jalan Pahlwan Street Center (PSC ) di tutup untuk segala kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes ,di Meriahka