Skip to main content

VIRUS RABIES YANG MEMATIKAN

   GRIYABIOGREEN-Kita seringkali mendengar kata rabies lalu apa sebenarnya rabies itu ?Anda perlu tahu pembaca setia griyabiogreen ,rabies adalah penyakit yang disebabkan atau dikarenakan oleh virus rabies.Virus ini ditularkan ke pada manusia biasanya melalui gigitan hewan yang terinfeksi oleh virus rabies seperti kucing ,anjing maupun kera.Virus ini juga bisa menular melalui jilatan hewan yang dikulitnya terdapat luka ,ini disebabkan virus ini terdapat di air liur hewan tersebut.Cara penularan lain yang jarang adalah melalui udara atau terhirup serta penanganan yang tidak tepat.Penularan antara manusia jarang terjadi ,bila terjadi umumnya melalui transolantasi organ yang terinfeksi virus rabies.
GEJALA .Virus rabies terjadi biasanya menyerang otot dan juga saraf sehingga gejala yang muncul terkait dengan saraf serta kekakuan atau kelumpuhan otot.Gejala yang utama yang sering ditemukan adalah trimus yaitu mulut kaku yang tidak bisa dibuka,terjadi kelumpuhan ataupun seluruh badan kaku ataupun terjadi kejang.Namun ada beberapa kasus yang terjadi yang tidak menunjukkan gejala .Hal ini bisa terjadi karena masa inkubasinya  yaitu masa  masuknya virus rabies ke tubuh sampai timbulnya gejala biasanya sangat lama bisa mencapai waktu sembilan puluh hari bahkan bisa lebih.Faktor yang mempengaruhi lamanya masa inkubasi biasanya adalah tempat yang terluka tergigit dengan otak atau sistem saraf pusat.Semakin jauh maka masa inkubasinya bisa lebih lama .Oleh sebab itu mungkin virus rabies tidak terdiagnosis bila pasien tidak ingat bahwa pernah digigit oleh hewan.Bagi yang pernah digigit hewan yang harus diwaspadai adalah virus rabies.
  
  Gejala lain yang terdapat pada bekas gigitan biasanya timbul paresthesia yaitu sensasi kesemutan seperti terbakar atau kebas dan juga rasa gatal seperti gejala awal infeksi virus biasa seperti demam ,perubahan prilaku atau mood .Nah anda juga perlu tahu bahwa ada dua jenis gejala virus rabies dan perbedaan antara keduanya adalah tergantung daya tahan tubuh serta jenis virus yang menginfeksi.
PERTAMA TIPE FURIOUS
    Yang sering ditemukan ,gejala awal infeksi virus ini ,pasien akan akan merasa hidrofobia yaitu takut terhadap air ataupun takut terhadap atau takut terkena angin atau aerofobia.Pasien juga akan mengalami kesulitan bernapas atau sesak bila setelah minum air.Otot yang sering terkena adalah didaerah wajah dan otot stemokleidomastoideus yakni salah satu otot pada leher.Pasien bisa jadi akan mengalami kejang atau henti napas dan juga jantung.Pasien juga biasanya mengalami gelisah dan mengalami gejala gangguan saraf.Banyak saliva atau air liur dan keluar air mata terus menerus ,berkeringat ataupun suhu tubuh yang naik turun dan juga tekanan darah tidak stabil .Dan yang paling mengerikan dan juga menakutkan kematian akan terjadi dalam waktu tiga atau sampai lima hari tanpa perawatan intensif.
KEDUA TIPE PARALITIK ATAU LUMPUH.
    Pada tipe ini sering tidak terditeksi dan pasien akan mengalami paralisis atau kelumpuhan otot napas dan juga otot -otot pada wajah dan juga jarang disertai hidrofobia.Dan pasien hanya bisa bertahan sampai sekitar 1  bulan ,biasanya ini disebabkan oleh virus yang berasal dari kelelawar.
CARA PENANGANAN
    Yang pertama pertolongan yang dilakukan pada korban yang terkena gigitan hewan secara umum ialah dengan membersihkan luka gigitan tersebut dengan membersihkan luka gigitan tersebut dengan air bersih yang mengalir .Virus rabies tidak tahan dengan sabun .Jadi bekas luka dicuci dengan air sabun namun jangan sampai digosok karena dapat mempercepat penyebaran virus rabies.Pembebatan atau tourniquet lengan atau tungkai yang digigit masih kontroversi sehingga tidak dianjurkan.Dan sebaiknya daerah yang digigit diistirahatkan jangan banyak digerakkan dan luka gigitan jangan dijahit,hanya kulit kulit luar disekitar luka yang dibersihkan dengan antiseptik.Dan korban sebaiknya dibawah kerumah sakit dengan ruang rawat intensif atau ICU.
    Dan dirumah sakit korban yang dicurigai mengindap virus rabies dirawat di ICU.Ini dilakukan untuk memastikan dianogsis virus rabies.Dilakukan pemeriksaan cairan serebrospinal atau cairan yang mengalir didalam ruangan otak dan diantara saraf tulang belakang dengan pungsi lumbal yakni mengambil cairan dengan suntikan didaerah punggung bawah.Virus rabies dicari dengan pemeriksaan PCR atau polymerase chain rraction .Pemeriksaan ini jarang dilakukan karena beban biaya yang relatif tinggi.
UNTUK PENCEGAHAN
a. Pastikan hewan pemeliharan disekitar lingkungan anda mendapatkan vaksinasi rabies.
b. Hindarilah gigitan dan kontak langaung dengan air liur hewan ,terutama yang dicurigai terjangkit virus rabies.Jauhilah hewan liar.
c. Vaksinasi rabies ditujukan bagi yang beresiko tinggi seperti dokter hewan ,tenaga kesehatan dan juga pekerja laboratorium dan petugas yang berhubungan dengan hewan seperti anjing atau orang yang melakukan ekspedisi ke gua dan pekerja dikehutanan atau eksporrer.
VAKSIN RABIES
   Sedangkan untuk waksin yang terdapat atau yang tersedia di Indonesia yakni jenis purified inactivated yaitu virus rabies yang sudah mati .Untuk pencegahan vaksin rabies diberikan 3 kali hari 0 ,hari ke -7 dan hari ke -28 .Lalu pemberian vaksin diulang lagi 1 tahun (booster ) dan perlindungannya bisa bertahan selama 5-8 tahun.Petugas dengan aktivitas lebih tinggi seperti petugas laboratorum kadar antibodi rabiesnya harus dimonitor tiap 6 bulan .
    Sedang vaksin juga diberikan pada korban gigitan hewan yang dicurigai ada  virus rabies.Sebaiknya diberikan pada hari yang sama saat pasien atau korban terkena gigitan.Vaksinasi yang sama ditambah ditambah dengan perawatan luka dapat menurunkan risiko rabies sampai dengan 60 % .Pemberian  vaksin ini harus ditempat yang memiliki pelayanan kesehatan yang memadai.

    Nah,sekarang pembaca sudah tahu bahayanya akan virus rabies ?Lalu efek sampingnya dengan vaksin lain dapat bersifat lokal diarea suntikan  maupun diseluruh tubuh  atau sistemik seperti demam ,menggigil,gangguan pencernaan ,sakit kepala dan juga lemas.Dapat pula terjadi reaksi alergi atau anafilaksis .Dokter pemberi vaksin harus selalu menilai dulu kondisi klinis pasien dan daya tahan tubuh pasien.

    Hampir semua pasien rabies tidak dapat terselamatkan ladies ,oleh karena itu pencegahan lebih penting. 

KENALI HEWAN YANG TERKENA RABIES

     Gejala rabies pada hewan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu ;

a. Ganas atau furious rabies ,biasanya hewan akan mati rentang waktu 2-5 hari setelah gejala itu muncul.Hewan menjadi penakut atau menjadi galak .Senang bersembunyi ditempat-tempat yang dingin ,gelap dan menyendiri tetapi dapat menjadi agresif.Tidak menurut perintah majikan,nafsu makan hilang dan air liur meleleh tak terkendali,hewan akan menyerang benda yang ada disekitarnya dan memakan barang atau benda -benda asing seperti batu ,kayu dan sebagainya.Dan juga akan menggigit barang bergerak apa saja yang ditemuinya dan juga kejang-kejang yang disusul oleh kelumpuhan dan ciri yang lainnya ekor diselipkan diantara dua pahanya.

b. Bentuk diam atau  dumb rabies,ceapt terjadi kelumpuhan ,tanda-tanda yang sering terlihat ,bersembunyi ditempat yang gelap dan juga sejuk.Kejang-kejang yang berlangsung sangat singkat ,bahkan sering tak terlihat.Lumpuh tidak dapat menelan ,mulut terbuka dan juga air liur keluar terus berlebihan dan juga menyebabkan kematian.

c. Asimtomatis,tidak ada gejala apa-apa tiba-tiba hewan langsung mati.Nah itulah bahayanya akan virus rabies bagi manusia maka berhati-hatilah ladies ,semoga bermanfaat.Jaya negeriku



Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Kota Madiun .Coba Intip Yuk Keramaiannya !

         GRIYA MADIUN  -Tak terasa tahun baru telah kita lewati ,berbagai kisah bahagia ,sedih telah menjadi bagian cerita dan kisah hidup , mau atau tidak mau wajib menjalani perannya masing-,masing. Di berbagai masyarakat di belahan dunia mana pun merayakan pergantian tahun di rayakan  dengan berbagai acara yang meriah ,dengan harapan tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin  . Tak terkecuali masyarakat di sekitar kota Madiun juga ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di pusatkan di Pahlawan Street Center ( PSC ) dan juga di Alun -Alun kota Madiun. Kami pun dari GMAMIL Team Sabtu (31/12/2022 ) tak ketinggalan ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di jalan Pahlawan kota Madiun yang di padati pengunjung yang sejak sore hari hingga tengah malam. Sepanjang jalan Pahlwan Street Center (PSC ) di tutup untuk segala kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes ,di Meriahka