Skip to main content

Apa Itu Dehidrasi ?

  GRIYABIOGREEN.COM - Seperti kita ketahui bahwa tubuh manusia kurang lebih 90 % terdiri dari air atau cairan sehingga perlu menjaga kebutuhan air yang sesuai agar tubuh kita tidak mengalami yang namanya dehidrasi atau kekurangan cairan yang diperlukan oleh tubuh kita.Kekurangan cairan bisa membuat tubuh kita lemas ,tidak bersemangat atau kurang bergairah dan juga cepat merasa kehausan.Dan ini wajar saja jika tubuh drop dan tubuh kehilangan kekuatan karena disebabkan kurangnya cairan yang seharusnya menjadi asupan yang harus dipenuhi oleh tubuh kita.
image by pixabay
# PENYEBAB YANG HARUS DI WASPADAI
   Seperti kita ketahui dalam keadaan normal tubuh ,volume cairanya yang hilang dari tubuh kita setiap harinya kurang lebih antara 1000 - 4.500 ml .Hilangnya dan keluarnya cairan ini bisa melalui keringat,buang air besar atau BAB ,buang air kecil dan kehilangan cairan yang tidak terasa ketika kita waktu tidur (insensible water ).
   Lalu apa itu dehidrasi ? Secara sederhananya ,dehidrasi yaitu keadaan tubuh kita kehilangan ataupun kekurangan cairan yang berlebihan yang disebabkan oleh jumlah cairan yang keluar lebih banyak daripada dengan jumlah cairan yang masuk kedalam tubuh.Kurangnya cairan tubuh bisa terjadi disebabkan aktivitas yang berlebihan atau juga bisa saat kita berolah raga sehingga akan menimbulkan dehidrasi ringan yang akan ditimbulkannya ladies.
   Oleh karena itu saat melakukan aktivitas berlebih atau sedang melakukan olah raga kita harus menggantinya cairan yang hilang agar tidak menyebabkan terjadinya dehidrasi.Untuk beberapa orang masalah ini bisa rentan terhadap serangan kekurangan cairan ini bisa ditandai timbulnya rasa letih dan lesu ,konsentrasi menurun ,mual,perasaan tidak nyaman ,sakit kepala bahkan bisa menyebabkan kita jatuh pingsan guys.
   Banyak hal yang menyebabkan mempercepat hilangnya air didalam tubuh kita seperti halnya melakukan olah raga ,mengerjakan pekerjaan berat salah satunya karena banyak tenaga yang dikeluarkan atau bisa jadi karena sering terkena paparan sinar matahari ,makanan yang terlalu pedas dan kurangnya pemenuhan akan kebutuhan hari yang diperlukan oleh tubuh yaitu kurang lebih 2 liter sehari.Untuk mencegah kurangnya cairan yang masuk maupun yang keluar dari tubuh harus diseimbangkan agar tidak terjadinya dehidrasi.Untuk mencegahnya dengan cara minum yang dianjurkan akan kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh dan juga bisa makan buah-buahan yang mengandung banyak air  seperti buah semangka,blewah maupun buah jambu yang banyak mengandung air dan juga bisa buah jeruk ladies.

Baca Juga :BAHAN ALAMI UNTUK PELEGA TENGGOROKAN
   Sedangkan yang ladies perlu ketahui bahwa jenis dan gejala dehidrasi ada 3 yaitu :
1. Dehidrasi ringan yaitu kehilangan cairan setara 2-5 % ini ditandai dengan mulut atau bibir kering ,tenggorokan kering ,denyut jantung meningkat dan juga menyebabkan sakit kepala.
2. Dehidrasi sedang yaitu kehilangan cairan kurang lebih 5 % yakni dengan ditandai pusing ,otot lemah,sakit kepala atau pusing,rasa haus,air kencing berwarna agak keruh atau berwarna kuning tua dan suhu badan meningkat dan silau jika melihat cahaya.
3. Dehidrasi berat yakni hilangnya cairan kurang lebih 8% dari berat badan semula yaitu ditandai dengan urin yang berwarna kuning gelap dan bisa jadi betwarna orange tua ,bisa jadi menyebabkan tekan darah rendah ,kaki dan juga tangan terasa dingin ,kram otot dan juga menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah ,nadi cepat atau takikardia,elastisitas kulit hilang,lidah bisa juga bengkak,menurunnya fungsi ginjal dan juga bisa menyebabkan penderita pingsan,kulit kering dan menggigil.
# PENCEGAHAN AGAR TIDAK TERJADI DEHIDRASI


Perlu ladies perhatikan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang harus terpenuhi sesuai dengan yang seharusnya .Selain itu untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh kita antara lain yang bisa ladies dan guys lakukan :
1. Hindarilah berolah raga disiang hari ,karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi (kurangnya cairan).Dan alangkah baiknya olah raga dilakukan pada pagi hari atau sore hari .
2. Minum air kelapa juga jadi pilihan yang tepat untuk membantu mengatasi dehidrasi karena air kelapa merupakan salah satu minuman alami yang menyegarkan membuat kita lebih segar dan bugar dan bisa untuk mengatasi dehidrasi dalam tubuh kita.Kandungan air kelapa menganduk isotonik dan juga elektrolit alami yang membantu memulihkan kondisi tubuh disaat kita berolah raga atau aktivitas lain yang menyebabkan keluar cairan tubuh.
3. Hindarilah minuman yang mengandung soda meskipun rasanya menyegarkan meskipun membuat tubuh kita merasa berenergi setelah kita meminumnya namun setelah minum soda hilang tubuh kita menjadi lemas dan tak berdaya.
4. Bisa juga ladies selain minum dan juga makan yang mengandung banyak kuah namun juga bisa ladies mengkonsumsi juga beragam macam buah-buahan yang banyak mengandung air seperti buah semangka,blewah,jeruk ,buah pir ataupun buah yang lainnya.Disamping buah enak dan juga mengenyangkan juga mengandung banyak atau kaya akan nutrisi dan kandungannya mudah diserap oleh tubuh kita.Makanan yang mengandung banyak kuah atau cairan seperti sayur sup ini sangat membantu meningkatkan cairan tubuh kita ladies.Sehingga sambil kita menikmati menu masakan juga memenuhi akan kebutuhan akan cairan yang diperlukan oleh tubuh kita tidak terasa dan merasa tidak terpaksa jika kita minum air dalam jumlah banyak  ladies dan guys.
Baca Juga :SI KENYAL MANIS DARI AIR KELAPA
5. Batasilah minuman seperti teh,kopi ketika berolah raga karena kopi mengandung kafein yang menyebabkan air kencing atau urin lebih banyak keluar sehingga dapat menimbulkan rasa haus karena kekurangan cairan yang dikeluarkan oleh tubuh kita .
6. Garam laut yang kaya akan mineral dan juga nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh bisa ditambah sedikit dalam minuman air putih untuk melepaskan rasa dahaga lebih lama karena disebabkan kandungan mineralnya membantu mempertahankan air dalam tubuh sehingga menghindarkan dan mencegah kita dari dehidrasi ladies.
7.Kurangilah aktifitas diluar ruangan atau outdor yang akan membuat kita rentan keluarnya atau kehilangan cairan yang ada didalam tubuh kita.Jika Anda banyak bekerja dan beraktifitas diluar ruangan ,alangkah baik lindungi tubuh dan juga kepala dari paparan sinar matahari secara langsung dan kenakan baju atau pakaian yang berwarna cerah dan jangan berpakaian berwarna gelap yang menyerap paparan sinar matahari .Dengan menggunakan pakaian yang cerah membantu menolak dan mengatasi timbulnya keringat yang berlebih .Juga bisa menggunakan pelembab kulit kering untuk menghindari masalah kulit yang disebabkan oleh dehidrasi.


Baca Juga :PENTINGNYA MAKANAN SERAT BAGI TUBUH
8. Jangan lupa membatasi mengkonsumsi garam dikarenakan kadar garam yang tinggi dalam makanan dapat menyebabkan mudah haus dan meningkatkan asupan cairan.Garam kita ketahui bahwa garam dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh dan menyebabkan kita mudah haus dan ini salah satu penyebab terjadinya dehidrasi pada tubuh kita guys dan ladies.
9. Dan perlu diperhatikan biasakan mengganti pakaian atau menyeka tubuh ketika berkeringat agar tidak menumpuk dikulit.Dan ini menyebabkan masalah serius jika keringat menumpuk di pori-pori dapat mengganggu tranfer panas pada tubuh dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti kulit kering.Jika makan awali dengan makanan manis seperti buah kurma agar meningkatkan daya tahan tubuh agar mencegah kurangnya glukosa dalam tubuh dapat terpenuhi..Kurangi makanan pedas yang bisa meningkatkan asam lambung terutama bagi yang memiliki masalah pencernaan yang sensitif yang menimbulkan masalah penyakit maag dan bisa menyebabkan perut tidak nyaman.
Baca Juga :BUAH ALPUKAT UNTUK MEMBAKAR LEMAK
   Demikian informasi yang bisa saya sampaikan lewat artikel kali ini tentang dehidrasi ,gejala dan cara menghindarinya semoga bermanfaat bagi pembaca.Jika pembaca ingin mengirim artikel menarik untuk pembaca bisa kirim email :anies.ingwan@ gmail.com dengan senang hati kami menerimanya.Salam sehat dan sukses keluarga besar Indonesia Jaya negaraku.Jangan sekali-kali jadi pengkhianat bangsa.





Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Kota Madiun .Coba Intip Yuk Keramaiannya !

         GRIYA MADIUN  -Tak terasa tahun baru telah kita lewati ,berbagai kisah bahagia ,sedih telah menjadi bagian cerita dan kisah hidup , mau atau tidak mau wajib menjalani perannya masing-,masing. Di berbagai masyarakat di belahan dunia mana pun merayakan pergantian tahun di rayakan  dengan berbagai acara yang meriah ,dengan harapan tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin  . Tak terkecuali masyarakat di sekitar kota Madiun juga ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di pusatkan di Pahlawan Street Center ( PSC ) dan juga di Alun -Alun kota Madiun. Kami pun dari GMAMIL Team Sabtu (31/12/2022 ) tak ketinggalan ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di jalan Pahlawan kota Madiun yang di padati pengunjung yang sejak sore hari hingga tengah malam. Sepanjang jalan Pahlwan Street Center (PSC ) di tutup untuk segala kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes ,di Meriahka