Skip to main content

Gurih Empuknya Jajanan Bolang -Baling " Ratu "Khas Madiun di Sebelah Traffic Light Jalan Bali Madiun ,,Rasanya Bikin Nagih ,Cobain Yuk !

   GRIYA MADIUN - Kota Madiun sudah banyak berbenah , mempercantik diri dan menghadirkan ikon -ikon wisata dunia menggagumkan ,seperti miniatur Ka'bah ,,Patung Singa Merlion ,Patung Liberty ,Tugu Monas ,Kincir Angin  Belanda yang akan melengkapi keindahan kota ,yang akan  di hadirkan di kota Madiun,bukan saja terkenal sebagai kotanya  para pendekar ,tetapi juga ragam kuliner dan jajanannya .
Salah satu jajanan yang lagi viral dan di enak di nikmati saat cuaca dingin seperti sekarang ini di kota Madiun yaitu " Golang -galing " atau orang Jakarta menyebutnya roti odading yang beberapa bulan lalu pernah viral dan trending di beberapa media online .

Roti Odading atau di daerah Madiun sering di sebut dengan roti Golang -galing,Bolang -Baling atau roti bantal , yang mirip oliebollen ,donat goreng  makanan khas Belanda tekturnya gurih ,renyah dan empuk saat di gigit dan di kunyah .Pas di sandingkan dengan minuman  teh manis maupun susu jahe hangat saat cuaca di dingin saat malam hari di kota Madiun seperti saat ini .Rasanya manis dengan topping biji wijen,rasanya ho-oh enak tenan !

Bagi yang belum tahu Golang -galing atau odading yaitu kudapan yang berbahan tepung ,gula , mentega dan juga bahan pengembang .
Kudapan atau jajanan yang satu ini sangat populer di kota Madiun sebagai camilan yang ramah di kantong dan tidak membuat kantong bolong ,murah meriah harga merakyat , untuk camilan yang cukup mengenyangkan di perut dan murah meriah dan bisa di nikmati bersama keluarga .

Rasanya gurih ,ho -oh enak tenan makyuss ,bentuknya kotak seperti bantal kecil , tekturnya renyah di luar empuk di dalam ,agak berongga dan kopong di dalamnya .
Jika di antara kalian pencinta roti odading atau Golang -galing .Ternyata  di kota Madiun ada penjual roti Odading yang lagi ngetrend dan viral dan layak untuk coba dan di cicipi  .Siapa nggak ngiler melihat tampilan odading yang pernah viral beberapa tahun terakhir .
Perpaduan dari rasa manis ,gurih banyak orang  yang menyukai camilan yang satu ini .
Rasa penasaran dan rasa lapar ingin mencicipi gurih ,empuk dan renyahnya camilan roti Golang -galing (Odading)khas Madiun, GMAMIL Team mampir ,Sabtu ( 12/8/2023 ) di  Bolang - Baling & Cakwe " Ratu " yang berlokasi :
🏠 di Jl.Bali ,Kejuron ,Kecamatan Taman ,Kota Madiun 63132 .
🕘 Bolang -Baling & Cakwe " Ratu " mulai buka pukul : 09.00 - 22.00 .
☎️ Telpon : 0816 - 567 - 242 
Tempatnya cukup mudah di jangkau dari arah manapun,karena tempatnya berada di pinggir jalan dan berada di perempatan jalan , dekat lampu perhentian traffic light (LL ) jalan Bali ,sehingga mudah untuk menemukan tempat penjual roti Bolang -Baling & Cakwe " Ratu " ini .
Harganya pun cukup terjangkau dan murah ,roti Bolang -Baling di tempat ini jual ddan di bandrol dengan harga Rp 1.200 / roti Bolang -Baling.Di tempat ini juga ada roti onde - onde yang ada isiannya kacang hijau yang rasanya manis dan lembut saat di kunyah .Rasanya ho oh Tenan , rasanya ada gurih dan renyahnya ,yang bikin nagih banget .
Untuk harga roti Onde-Onde di bandrol dengan harga Rp 2000 /pcs ( perbiji ) .

∆ .Kisah Asal Mulanya Roti Odading.
Di kutip dari   berbagai sumber Nyata (12/8/2023 ),Odading atau Bolang -Baling di kota Madiun lebih di kenal dengan nama Golang -galing ini ,yang ternyata di ambil dari keluarga Belanda yang pernah  tinggal di Indonesia.
Konon menurut cerita,anak dari keluarga Belanda ini ,meminta kepada ibunya untuk membelikan jajanan .
Nah,ketika melihat jajanan itu ,menunjuk -nunjuk pada penjual jajanan itu.
Kemudian,Si ibu berkata dalam bahasa Belanda ," O ,Dat Ding ," yang artinya Oh ,yang itu ? 

Selanjutnya penjual dan orang -orang yang mendengar perkataan itu ,menghubungkannya jajanan yang di beli oleh Si anak .Untuk memudahkan untuk mengingat dan mudahkan pelafalannya bahasa Sunda saat itu ,"O DAT DING " menjadi Odading atau Golang -galing ,Balang -baling di kota Madiun menjadi jajanan khas Madiun yang sudah lama cukup populer  di kota Madiun.
Banyak nama jajanan seperti ini yang di temukan di berbagai daerah dan mempunyai nama dan penyebutan yang berbeda -beda,namun pada hakekatnya sama .
∆ Roti Ini Banyak Sebutannya .
Roti ini di kota Madiun mendapatkan sebutan roti Bolang -Baling atau Golang -galing,lain lagi di kota Bandung,atau Jakarta orang sering menyebut roti Odading ,dan di Belanda roti seperti ini sering di sebut dengan nama roti Oliebollen yang beberapa bulan terakhir sempat viral .
Seorang warganet yang menceritakan kisah saat membeli oliebollen hingga menunggu antrean beberapa jam untuk mendapatkan roti Oliebollen kudapan yang cukup populer di Eropa ini ,salah satunya di negara Belanda roti ini cukup familiar.
Warganet asal Indonesia ini ,ia merasa kesal ,setelah menunggu cukup lama ternyata rasa mirip atau sama persis rasanya dengan roti Odading yang khas Jawa Barat ini .
Perlu di ketahui ,kue atau roti ini ,hanya ada saat musim liburan natal dan tahun Baru ,oleh karena itu untuk membelinya harus rela antri berjam-jam  .
Dari kaca mata kuliner Odading termasuk roti goreng .Di sebut roti karena adonannya menggunakan tambahan pengembang ragi ( bisa yeast ) ,sofa kue atau baking powder.Kemudian adaonanya harus di fermentasi hingga mengembang .
Adonan rotinya biasanya di matangkan dengan cara ,di goreng ,dengan cara di panggang ( oven ) atau dengan cara di kukus.Selain Odading jajanan yang di goreng adalah Cakwe ,Donat dan Oliebollen.
Bolang -Baling atau Odading yang banyak di jual belikan biasa menggunakan campuran soda kue atau baking powder sebagai pengembang.
Jika nanti di goreng maka hasilnya akan lebih renyah di luar ,kopong di dalam dan aroma pengembangnya lebih terasa atau kuat .Jenis biasanya akan lebih cepat warna kecoklatan saat di goreng dan akan keras saat dingin .
Sedangkan Bolang -Baling yang menggunakan campuran ragi dan soda kue hasilnya lebih lembut ,tidak terlalu kompong dan lembut ,empuk meskipun sudah dingin .Roti ini biasanya di tambahkan biji wijen sebelum di goreng .
Maka roti goreng lebih di kenal dengan roti  Bolang -Baling atau Golang -galing wijen .Rotinya renyah ,empuk ,dan rasanya sedikit manis ditambah gurihnya biji-biji wijen . Rasanya bener-bener ho oh enak tenan .
∆ Tip Cara Sukses Bikin Bolang -Baling,Anti Gagal.
Terak untuk membuat roti Odading atau Golang -galing ? 
Cermati berikut beberapa tips untuk membuat roti odading yang lembut dan enak:
1. Pastikan untuk menggunakan tepung terigu protein tinggi agar hasilnya lebih lembut dan mengembang sempurna.

2.Ragi Aktif ,pastikan ragi masih aktif ,gunakan air hangat untuk mengetes, keaktifan ragi .Tuangkan air hangat ke dalam gelas ,kemudian masukkan ragi .Aduk hingga larut ,diamkan beberapa saat .Jika muncul busa dan gelembung udara ,tandanya ragi masih baik untuk di gunakan.

3. Selain untuk mengetes ragi ,gunakan air hangat untuk menguleni adonan ,air hangat membantu adonan cepat mengembang hingga kalis dan elastis.
Tuangkan air sedikit demi sedikit  sambil di uleni hingga adonan kalis dan elastis ( kalau di tarik tidak robek ) .
Setelah adonan elastis tutup menggunakan kain lembab atau plastic wrap .Ada juga yang menggunakan air es untuk menguleni adonan .Hasil rotinya biasanya lebih kokoh.
 Ini penting untuk mendapatkan tekstur roti yang lembut dan fluffy.

4. Diamkan adonan selama 30 menit  hingga mengembang dua kali lipat. Ini membantu adonan menjadi lebih ringan dan lembut.Agar cepat mengembang tempatkan di tempat yang hangat di area dapur .Perhatikan durasi fermentasi ,karena adonan yang terlalu lama mengembang membuat roti kempes ,bantat dan asam .

5. Usai proses proofing ,cetak bentuk kotak atau persegi panjang  .Diamkan lagi selama 5 menit agar adonan mengembang sempurna .Goreng dengan api sedang. Jika terlalu panas, roti akan cepat matang di luar tetapi masih mentah di dalam.

6. Taburi dengan gula halus setelah digoreng untuk memberikan rasa manis yang lezat pada roti odading Anda.

∆ Berikut adalah resep dan cara membuat roti Odading:
Bahan:

1. 500 gram tepung terigu protein tinggi

2. 11 gram ragi instan

3. 75 gram gula pasir

4. 1/2 sendok teh garam

5. 2 butir telur

6. 250 ml susu cair

7. 75 gram mentega, lelehkan

8. Gula halus untuk taburan

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu, ragi, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah.

2. Tambahkan telur dan susu cair, aduk hingga adonan tercampur rata.

3. Tambahkan mentega cair, uleni adonan hingga kalis dan elastis.

4. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.

5. Kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian, bulatkan dan diamkan lagi selama 15 menit.

6. Goreng adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga kecoklatan.

7. Angkat dan tiriskan, taburi dengan gula halus.

Selamat mencoba, semoga berhasil membuat roti odading yang lezat!

Jangan lupa simak dan tonton video "Pembuatan Kalender "  dan juga Baliho " dari berbagai instansi pemerintah dan swasta .Musim akhir tahun seperti sekarang  ini merupakan panen raya bagi industri percetakan ,apalagi bertepatan dengan pesta demokrasi  ,Intip Yuk! :

∆ Kisah Inspirasiku.
# Cara Kilat Agar Do'a dan Impian Cepat Berhasil ( Law Of Attraction).
Apa itu Law of Attraction?
LOA ini adalah hukum tarik menarik yang bersifat universal ,yang menyatakan bahwa apapun yang kita pikirkan dan kita yakini dapat menjadi kenyataan .
"Inilah kekuatan hukum tarik-menarik: apa yang Anda pikirkan, Anda ciptakan. Mulailah dengan memvisualisasikan kesuksesan yang Anda inginkan. Bayangkan diri Anda meraih tujuan-tujuan Anda dengan jelas dan penuh keyakinan. Percayalah bahwa Anda memiliki semua yang diperlukan untuk mencapai impian Anda. Fokuskan pikiran dan energi Anda pada apa yang Anda inginkan, bukan pada apa yang tidak Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda akan menarik kesuksesan ke dalam hidup Anda."

Hukum Tarik-Menarik memiliki beberapa prinsip dasar yang membantu menjelaskan bagaimana cara kerjanya:

1. Seperti Menarik Seperti: Prinsip ini menyatakan bahwa energi yang serupa akan saling menarik. Jadi, jika Anda memancarkan energi positif, Anda akan menarik kejadian, orang, dan situasi yang positif.

2. Fokus: Anda menarik apa yang Anda fokuskan. Jika Anda terus-menerus memikirkan kegagalan, Anda cenderung mengalami kegagalan. Sebaliknya, jika Anda fokus pada kesuksesan, Anda akan menarik kesuksesan.

3. Pikiran Mengendalikan Realitas: Prinsip ini menyatakan bahwa pikiran Anda memiliki kekuatan untuk menciptakan realitas Anda. Dengan mengendalikan pikiran Anda, Anda dapat mengubah kehidupan Anda.

4. Kekuatan Visualisasi: Visualisasi adalah alat yang kuat dalam Hukum Tarik-Menarik. Dengan membayangkan hasil yang diinginkan, Anda akan lebih mampu mewujudkannya.

5. Kekuatan Keyakinan: Anda harus percaya bahwa Anda dapat mencapai apa yang Anda inginkan. Keyakinan ini akan mempengaruhi tindakan Anda dan menarik hasil yang diinginkan.

6. Bertindak: Hukum Tarik-Menarik bukanlah tentang berpikir positif saja, tetapi juga tentang mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan Anda.

7. Bersyukur: Rasa syukur adalah komponen penting dalam Hukum Tarik-Menarik. Dengan menghargai apa yang Anda miliki, Anda akan menarik lebih banyak hal positif ke dalam hidup Anda.

Menggabungkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari Anda akan membantu Anda memahami dan menerapkan Hukum Tarik-Menarik untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Bagaimana sih Saya sudah mencoba beberapa bulan kok belum berhasil ?
Pertama kamu mungkin  berada di "Desparate Energi" kamu mau menunggu nggak sabaran dan maunya instan ,karena kebanyakan mindset nya seperti ini .Iyah udahlah Aku praktek juga nanti bakal kejadiannya lama .Aku tahu kok mungkin ini nggak berhasil .Jadi masih ada mental konplik di kepala .Jadi ibarat radio suara krosok-krosok dan ini jadinya ngeblok prosesnya .
Kalau kamu ingin manifest LOA kamu berhasil dengan cepat ,nggak usah ngomongin teknik ,memperbaiki inner work dulu dari dalam .Kita benerin nih isi hati kita .Kita memperbaiki diri dulu.
Jadi pribadi yang lebih baik .
Jadi ini beneran kalau kamu ingin berhasil memanifestasikan mimipi menjadi kenyataan.

Ibarat orang awam mengatakan doa kamu di kabulkan dengan cepat adalah dengan memperbaiki diri dulu .
Kamu jangan jadi orang TOSIC (orang yang memberi dampak buruk pada orang lain )  yaitu Desparate energy ,manipulative person ,narcoastic,tidak menerima saran ,tidak mau belajar hal baru ( close minded ) ,try to bring you down ( tarik kamu ke bawah ) ,syirik ,iri dengki dengan keberhasilan orang lain ,suka mengadu domba.pesimis ,negative thinking ( bener nggak iya ) ,punya rasa dendam dengan siapapun yang pernah menyakiti diri kita masa lalu .Masih saja ada dendam ,suka ngomongin orang dan suka menghujat ,dan suka menyerang balik ketika di beri saran .
Ketika kamu di beri saran orang ,kamu terima bukan malah mencari kesalahan orang tersebut ,dan malah malah menyerang balik itu namanya toxxic ,tidak mau kalah,licik atau memanfaat orang lain ( jadi parasit ,itu jangan ),mudah tersinggung ,khawatir berlebihan dengan suatu hal ,sering berprasangka buruk ,ngeyel sok tahu ,jadi kalau di kasih tahu ,itu nggak itu kayak gini ,tidak ada save control ,emosian banget , suka mengkritik terus -terusan dan sedih meratapi nasib terus -terusan .Dan itu yang bisa  mengatasi adalah kamu ,otak ,pikiran tangan , semuanya  kamu yang mengontrol .
Ketika lagi bersedih ,kamu harus hilangkan dan sibukkan diri , kamu bikin kamu bahagia ,misalnya jalan -jalan di taman ,atau belanja ,atau masak asalkan membuat dirimu bahagia .

Hindari perbuatan yang tidak baik ,atau suka memfitnah orang lain terjatuh ,kamu harus memperbaiki diri,tidak ada kata terlambat untuk membenahi diri .
Jika kalau kamu berada di sekitar orang -orang seperti ini jauhi,tinggali untuk menjaga kesehatan mental kamu .
Maka di sini berapa pentingnya pengembangan diri (self development),perbaiki diri ketika sambil mempraktekan Law of Attraction .
Jika kamu mau LOA  berhasil dan Do'a di kabulkan dengan cepat hati kamu harus bersih dulu .
Memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti kamu ,sudah tidak ada lagi dendam . Ibaratnya begini ,percuma kamu sudah praktek Law of Attraction segala macam teknik visualisasi,di tambah ibadah siang malam ,tapi kalau hati kamu masih busuk dan kotor ,maka ketika kamu praktek Law of Attraction ,ada yang namanya forgiveness ( memaafkan) dan let's go ( lepaskan ) ke langit.Kamu harus benar-benar tulus dari hati .Kamu juga melakukan meditasi juga ( tafakur ) ,memaafkan masa lalu ,membersihkan energi negatif .Dan tinggalin sifat-sifat buruk . Percayalah ketika berada di high vibration ,kamu akan lebih rileks ,kamu akan lebih bahagia .Karena apa ? Karena fokusnya kamu ke positif ,hal-hal yang kamu syukuri .

Ketika kamu berada di high vibration,kamu akan menarik pertemanan yang sama energinya kayak kamu high vibration .
Ketika kamu sudah maintain di high vibration kamu akan lebih manifest ,tidak peduli teknik apa yang kamu lakukan ,atau sekedar di ucapkan berhasil  dalam hitungan menit,hari ,karena kamu sudah powerful ( mempunyai kekuatan penuh ).
Tidak ada yang lahir di dunia langsung powerful,perlu latihan 

Bagaimana Law of Attraction bekerja dan bagaimana penerapannya ?
Hukum Tarik-Menarik adalah prinsip yang mengatakan bahwa kita menarik ke dalam hidup kita apa yang kita pikirkan dan fokuskan. Jika kita memusatkan pikiran dan energi kita pada hal-hal positif dan sukses, kita akan menarik pengalaman positif dan sukses tersebut ke dalam hidup kita.

Berikut adalah cara penerapan Hukum Tarik-Menarik:

1. Kesadaran: Mulailah dengan menjadi sadar akan pikiran dan perasaan Anda. Apa yang sering Anda pikirkan? Apakah itu positif atau negatif?

2. Tentukan Tujuan: Setelah Anda sadar akan pikiran Anda, tentukan apa yang Anda inginkan. Buatlah tujuan yang jelas dan spesifik.

3. Visualisasi: Visualisasikan diri Anda telah mencapai tujuan tersebut. Bayangkan bagaimana rasanya, apa yang Anda lihat, dan apa yang Anda dengar.

4. Emosi Positif: Cobalah untuk memasukkan emosi positif ke dalam visualisasi Anda. Rasakan kebahagiaan, kepuasan, dan rasa syukur seolah-olah Anda sudah mencapai tujuan Anda.

5. Percaya: Anda harus percaya bahwa Anda dapat mencapai tujuan Anda dan bahwa Anda pantas mendapatkannya.

6. Bertindak: Selain berpikir positif dan visualisasi, Anda juga harus mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan Anda.

7. Bersyukur: Akhirnya, jangan lupa untuk selalu bersyukur. Rasa syukur akan membantu Anda tetap positif dan terbuka untuk menerima semua hal baik yang datang ke dalam hidup Anda.

Ingatlah bahwa Hukum Tarik-Menarik membutuhkan waktu dan praktek. Jangan berkecil hati jika Anda tidak melihat hasil segera. Tetaplah positif, percaya pada diri sendiri, dan terus bekerja menuju tujuan Anda.
Bagaimana cara kita bisa memvisualisasikan kesuksesan dengan lebih baik?
Visualisasi adalah proses mental di mana Anda menciptakan gambaran atau skenario yang diinginkan dalam pikiran Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda memvisualisasikan kesuksesan dengan lebih baik:

1. Tentukan Tujuan Anda: Sebelum Anda dapat memvisualisasikan kesuksesan, Anda perlu tahu apa yang Anda inginkan. Apakah itu promosi di tempat kerja, memulai bisnis sendiri, atau mencapai tujuan pribadi lainnya.

2. Buat Gambaran Mental: Tutup mata Anda dan bayangkan diri Anda mencapai tujuan tersebut. Bayangkan detail sebanyak mungkin, termasuk bagaimana rasanya, apa yang Anda lihat, dan apa yang Anda dengar.

3. Ulangi Visualisasi Anda: Lakukan visualisasi ini setiap hari, atau bahkan beberapa kali sehari. Semakin sering Anda melakukannya, semakin kuat gambaran tersebut dalam pikiran Anda.

4. Gunakan Alat Bantu: Anda mungkin menemukan alat bantu seperti papan visi atau meditasi bermanfaat dalam proses visualisasi Anda. Papan visi adalah kumpulan gambar dan kata-kata yang mewakili tujuan dan impian Anda, sementara meditasi dapat membantu Anda fokus dan menjernihkan pikiran Anda.

5. Bertindak Sesuai dengan Visualisasi Anda: Selain memvisualisasikan kesuksesan, penting juga untuk mengambil tindakan yang akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda.

Ingatlah, visualisasi adalah alat yang kuat, tetapi itu hanya bagian dari persamaan. Anda juga perlu bekerja keras dan tetap berkomitmen untuk mencapai tujuan Anda.

  
Demikian artikel kali ini , jika pembaca menyukai  dengan artikel ini ,jangan lupa untuk subscribe,like dan share  agar lebih semangat menyajikan informasi teraktual dan terupdate untuk pembaca setia G-LOVERS semuanya .Thanks so much!
( @nh/Nadya)
Penulis : Anis Nurhidayat
Editor : Anis Nurhidayat
Editor Video : Dwi Fitria Bibrik & Anis Nurhidayat .
# Make your dream become a reality.
# Make your dream together with GRIYA LOVERS.
#Follow Along With GMAMIL ( Griya Madiun Ngemil ), together for succes,together for glory and grow up to be champion number one .
# New Hope For A Better Future
Jika tempat makan dan produk Anda ingin di reviem oleh "Team Griya Madiun Ngemil" (GMAMIL TEAM )bisa hubungi no WA :088171863

jajanan#jajanan murah#jajanan rakyat #jajanan murah meriah #jajanan pinggir jalan #jajanan unik murah meriah #jajanan pasar#ide jualan jajanan murah meriah 


Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di