GRIYA MADIUN - Menjelang hari kemerdekaan Indonesia sekaligus untuk memperingati hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,beragam acara dan event di gelar di kota Madiun diantaranya "Gelar Pusaka " dan juga " Festival Kuliner Madiun" untuk meningkatkan perekonomian dan menggenjot sektor pariwisata untuk menarik wisatawan untuk datang ke kota Madiun .
Dalam acara "Gelar Pusaka" ini Walikota Madiun Drs Maidi SH MM Mpd, berkenan hadir malam (Jum'at,11/8/23 ) yang di adakan di Simpang Lima Ikon Patung Tugu Pendekar kota Madiun.
Salah satunya acara yang tak kalah menarik bebarengan dengan acara "Gelar Pusaka yaitu "Festival Kuliner Madiun" yang di adakan di GOR ( Gedung Olah Raga ) Stadion Wilis Madiun, tepatnya di depan Stadion Wilis Madiun yang di adakan selama 3 hari mulai tanggal 11 -13 Agustus 2023 .
Tak mau ketinggalan acara "Festival Kuliner Madiun" yang jarang -jarang kita temui ,akhirnya GMAMIL Team ( Griya Madiun Ngemil ) meluangkan waktu untuk datang , Jum'at (11/8/2023 ) di acara "Festival Kuliner Madiun" yang di tunggu bagi pencinta kuliner ,apalagi di acara seperii ini banyak beragam pilihan ,mulai dari makanan tradisional hingga makanan yang di kemas secara modern ,dan juga banyak minum yang beragam ,juga kekinian yang banyak di jual di stan pameran "Festival Kuliner Madiun" yang penataannya cukup menarik para pengunjung yang datang di acara tersebut .
Kamipun mengikuti dan menelusuri jalan -jalan di depan acara " Festival Kuliner Madiun" ,tampak dari pantau kami deretan mobil dan sepeda motor yang menjubeli di depan tempat berlangsungnya acara " Festival Kuliner Madiun .
Banyak mobil dan sepeda motor yang lalu lalang,harus ekstra hati-hati untuk para pengunjung acara " Festival Kuliner Madiun ", menyebrang jalan karena padatnya kendaraan saat kami berkunjung ke sana.
Tak ayal ,tempat parkiran mobil dan sepeda motor banyak kendaraan yang terparkir ,sampai bludak dan meluber hingga di pinggir -pinggir jalan menuju pintu utama masuk acara "Festival Kuliner Madiun" di gelar .Tampak juru parkir yang sibuk merapikan dan mengatur kendaraan yang datang baik roda dua maupun mobil .
Ada kejadian unik ,saat kami jalan menuju ,tempat acara ,salah satu petugas parkir ( juru parkir) menyapa kami ," Mas sini mas ,sekali -kal saya juga di foto mas ? Oh ,Iya pak sebentar ? Kami pun memenuhi permintaan petugas parkir dengan senang hati . Terima kasih iya mas ? ," ujarnya .
Iya ,sama -sama pak ,"sahutku .
Kami pun meneruskan menuju pintu masuk menuju gerbang tempat acara " Festival Kuliner Madiun " tempat lokasi penjualan karcis masuk tempat acara berlangsung .
" Berapa mas karcisnya ? Dua saja mas ?" jawabku .Berapa ? tanyaku .Rp 4000 Mas jawabnya .
Ternyata masuk ke tempat berlangsungnya " Festival Kuliner Madiun" per-orangnya di kenakan biaya masuk pameran " Festival Kuliner Madiun" sebesar Rp 2000 / orangnya .
Event " Festival Kuliner Madiun" di adakan selama 3 hari ( mulai tanggal 10 - 13 )8/2023 ) banyak di kunjungi ribuan pengunjung dan tak pernah sepi pengunjung yang datang dan pergi dari berbagai daerah sekitar kota Madiun ,bahkan ada yang dari luar kota,itu terlihat dari nomor huruf kendaraan yang mereka pakai ,yang berjajar di pinggir jalan .
Pameran "Festival Kuliner Madiun" ini tak pernah sepi sejak awal dibuka ,baik saat siang hari maupun saat malam hari .
Apalagi saat malam terakhir pameran Festival Kuliner Madiun sangat ramai pengunjung,sebagai ajang jalan-jalan bersama keluarga .
Baca Juga: Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !
Antusias warga yang datang cukup tinggi ,ini terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang ada di dalam area atau tempat yang di adakan acara "Festival Kuliner Madiun".dari pantauan kami .
Ketika kami masuk di sambut oleh dua salesman kendaraan bermotor yang membagikan selebaran brosur promosi sepeda motor dengan menawarkan cara kredit motor, yang di tawarkan stan dari sepeda motor Yamaha .
Kami pun berjalan terus ,sambil menelusuri setiap stan pameran dan melihat stan -stan pameran yang " Festival Kuliner Madiun" yang menyajikan dan menawarkan beragam kuliner tradisional maupun makanan dan minuman kekinian yang di tata dengan apik dan menarik .
Beberapa jenis kuliner khas Madiun pun hadir menyapa pengunjung seperti makanan khas Madiun yang selalu ada yaitu nasi pecel khas Madiun.
Tak hanya makanan khas Madiun saja ,tapi juga stand pameran yang menyajikan khas olahan ,"Seafood" ,seperti sate gurita , cumi-cumi ,udang goreng,kepiting goreng krispi, maupun olahan ikan laut lainnya .
Banyak sekali menu makanan dan minuman yang tersaji di acara "Festival Kuliner Madiun ,tak kurang dari 50 makanan ,minuman maupun jajanan tradisional dan kekinian tersedia di tempat acara pameran ,"Festival Kuliner Madiun".
Ada berapa jajanan seperti pisang molen ,resoles,lumpia ,tempe mendoan,kentang goreng spiral, kribo, pancake,pisang goreng serta jajan kekinian lainnya .
Di sini juga banyak makanan yang bikin para pengunjung ngiler dan bikin lapar ,menggugah selera para pengunjung untuk mampir .Ada menu makanan gurame bakar ,nila bakar ,ayam bakar ,ayam kremes,dengan pelengkap minumannya es teh ,kopi ,teh sereh ,es Boba,es permen karet dan es buah yang bikin lapar dan haus .
Bagi pencinta kuliner yang satu ini yaitu mie ramen juga hadir di pameran "Festival Kuliner Madiun" yaitu Waroenk Ramen ,yuk kita merapat ,cobain ramen yuk bagi pengemar dan pencinta kuliner mie ramen makanan khas Jepang ini .
Di pameran Festival Kuliner Madiun ini ,kami juga melihat menu kuliner khas Betawi ,yakni kerak telor khas Betawi "Babe Kumis " yang lagi sibuk melayani beberapa pembeli pencinta kuliner kerak telor khas Betawi ini .
Ladies bisa juga follow dan klik akun media sosial Instagram kerak telor "Babe Kumis " @agusbabegimel ini dengan nomor WhatsApp: 0813 2829 3622 ,jika ladies ingin pesan secara online .
Banyak sekali menu yang ada di pameran mulai makanan khas Korea, Dimsum dan ,juga jajanan Mochi "Daifuku " akun Instagram @daifuku _mochikuu yang juga ramai oleh para pembeli .Bagi pencinta es krim juga ada di pameran "Festival Kuliner Madiun" mulai dari es krim tradisional khas Indonesia maupun es krim kekinian yang banyak di minati dan di serbu oleh para pembeli yang di lokasi acara Festival Kuliner Madiun.
Acara seperti ini sangat membantu pelaku usaha UMKM ( Usaha Mikro ,Kecil dan Menengah ) ,untuk mendongkrak penjualan dan menyiasati saat penjualan mengalami penurunan atau daya beli masyarakat turun .
Tak hanya kita di pameran "Festival Kuliner Madiun" bisa menikmati menu makanan dan minuman sepuasnya ,tapi para pengunjung juga mendapatkan hiburan di lokasi pameran seperti lomba makan dan minum yang di sponsori oleh mie ABC dan juga adanya panggung hiburan live music akustik untuk meramaikan dan memeriahkan acara "Festival Kuliner Madiun" dengan beragam hadiah yang menarik di sediakan oleh para sponsor.
Setelah berkeliling cukup lama ,kami merasakan rasa haus dan kering di tenggorokan .Akhirnya kami memutuskan mencari minuman yang seger -seger untuk menghilangkan rasa haus .Pilihan kami jatuh pada es jus buah mangga murah meriah Babe Kumis yang tampilannya oke , sungguh menggoda dan bikin ngiler .
Sruuputtt ,Hem sueger tenan ,harga satu gelas cup di bandrol dengan harga Rp 25.000 yang terbuat dari jus sari buah mangga asli dan di kasih irisan buah mangga asli ,hemmm , rasanya bikin segar dan nagih .
Harganya murah meriah ,nggak bikin kantong bolong ,dan tentunya ramah di kantong .
Di malam puncak acara terakhir "Festival Kuliner Madiun" penuh sesak pengunjung yang datang tumplek blek , mencari hiburan ataupun sekedar refreshing bersama keluarga mereka maupun orang -orang yang mereka cintai ,sambil menikmati menu yang mereka suka .
Dan diantara pengunjung sambil duduk-duduk santai lesahan di taman -taman trotoar yang ada di lokasi pameran .
Acara "Festival Kuliner Madiun"berakhir sekitar pukul 21.00 WIB malam.
Karena malam sudah larut malam dan acara pameran sudah usai ,penulis pun memutuskan meninggalkan tempat lokasi "Festival Kuliner Madiun" untuk pulang ke rumah .
Nah,itulah ladies beberapa acara pameran " Festival Kuliner Madiun" yang berlangsung selama tiga hari ,cukup meriah ,ramai ,dan penuh sesak pengunjung datang ke lokasi pameran .
Jangan lupa simak dan tonton suasana keramaian dan kemeriahan acara "Festival Kuliner Madiun" 2023 ,tonton yuk ,di bawah ini :
∆ Kisah Inspirasiku:
# Rahasia Sukses " Sate Ratu " Menaklukan 96 Negara Berkat Website ,Intip Yuk Kisah Suksesnya .
" Ketika mimpi itu kita pikirkan ,maka mimpi itu akan berubah menjadi rencana ,ketika rencana itu kita ucapkan ,maka rencana itu akan berubah menjadi komitmen .Dan ketika komitmen ,kita lakukan maka komitmen itu akan berubah menjadi kenyataan ."
Memulai usaha baru harus telaten dan sabar ,apalagi usaha di bidang kuliner .Untuk membangun bisnis kuliner membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk mulai hasilnya sudah mulai kelihatan.
Awal tahun pertama itu pernah mendapatkan 1 juta hebohnya nggak karuan (luar biasa ) ,memang awalnya landai sekali, memulai bisnis , pertumbuhannya tahun pertama masih sepi ," ungkap Febian Budi Seputro mengenang awal perjalanan bisnisnya.
"Kita harus besar karena tamu (konsumen ) itu datang atas referensi orang lain itu yang paling penting.Kalau tidak begitu,marketnya juga rapuh juga .
Jadi ia datang karena referensi orang lain.
Maka masa 4 -5 tahun tadi untuk kumpulin customer base ( basis pelanggan ) supaya banyak sehingga yang datang terus banyak .
Begitu momentum itu tiba ,maka kita iya kaget-kaget sampaian,karena konsumennya banyak ,"ungkap Pak Febian menceritakan awali usahanya yang mulai ramai pelanggan .
Usaha kuliner sate ayam " Sate Ratu " yang berada di kota Jogjakarta ini ,menjadi incaran para wisatawan lokal maupun turis mancanegara .
Namanya Sate Ratu yang berlokasi di jalan Sidomukti Tiyasan , Condongcatur ,Sleman , Jogjakarta.
Mulai buka saat makan siang mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB malam .Ada 3 menu andalan di tempat ini ,yaitu sate ayam merah ,sate lilit basah dan terakhir menu andalannya yakni ceker tugel .
Seperti di kisahkan oleh pemiliknya di kutipnya YouTube Pecah Telur ( 28/8/2023 ) Febian Budi Seputro ,dulunya bekerja di industri entertainment dan beralih memulai bisnis dalam bidang kuliner .
Awal mulanya target utamanya adalah orang asing .Dulu ia melihat bahwa di Jogja itu ada makanan-makanan yang spesifik dan khas sekali yang tidak di kelola untuk bisa menerima orang asing secara optimal .
Padahal orang asing kalau datang pada satu kota atau negara ,tentu cari makanan yang khas sekali ," ujarnya .
Dan ia bisa berinteraksi,syukur - syukur sama yang penjualnya .Dan Itu tidak ada yang garap walaupun banyak rumah makan gudeg yang orang bulenya juga banyak ,tapi khan karena yang jual ,mungkin secara usia sudah sepuh (tua ) ,mungkin secara management masih tradisional .
Iya itu mengalir begitu saja.
Dan kita melihat celah itu .Oke kita sepertinya masuk lewat situ saja walaupun nanti harapannya sekian tahun ke depan.Dan saat kita sudah kuat di market asing ,kita masuk ke market lokal .
Jadi akhirnya itu tadi jadi strategi marketing kita ,untuk lebih mudah di terima market lokal ," tegasnya .
Ada pun yang beda pada menu olahan satenya, yang biasanya di tempat lain menggunakan bumbu kacang dan kecap ,tapi di sini tidak.
Selain itu potongan daging ayamnya lebih besar-besar ,tingkat kematangannya juga merata yang selalu di perhatikan dan rasanya juga juicy banget.
Fakta ini di buktikan dengan banyaknya pelanggan dari berapa kota di Indonesia dan banyak juga yang datang turis asing dari berbagai negara.
" Salah satu pembeli yang bernama Karina asal Surabaya mengatakan bahwa ," Satenya enak banget ,porsi pas .Saya persen satu porsi kenyang banget ,dan juga enak banget untuk hangout sama temen,siang -siang di sini.Okelah kalian harus cobain di sini ," ujarnya kesan pesan ketika ia makan di tempat makan Sate Ratu ini ."
Karena keunikan rasanya yang khas banyak para food blogger, video blogger (YouTuber ) maupun jurnalis yang meliput ,sehingga Sate Ratu cepat di kenal luas oleh turis mancanegara seperti Amerika ,Australia,Korea ,Singapura ,Jepang ,Belanda,Jerman ,Kanada dan kurang lebih tak kurang dari 96 negara yang pernah datang ke rumah makan Sate Ratu Jogja ini .
Pada waktu pertama buka Sate Ratu sekitar 10 hari mendapatkan tamu pertama yang datang adalah orang Singapura ,karena waktu itu masih sepi ngobrolnya cukup lama .Dan waktu itu bukanya jam 22.00 malam sampai jam 05.00 WIB pagi .
Dengan pelayanan seperti itu ,terus dia pulang ,dapat makanan bagus dan dapat interaksi .Dan ini yang jadi pendorong,makan ini dan ketemu ini .
Mungkin di negaranya ,mereka cerita ,karena keramah tamahannya,enak makanannya dan jadi referensi orang lain untuk datang ke sini .
Dan di hari kedua dapat pelanggan dari Malaysia .Dan pada akhirnya jadi seperti bola salju yang semakin besar .Ada yang posting di sosial media dan ada juga di komunitas .
Tak lama setelah buka Sate Ratu juga membuat website.Website ini bertujuan supaya orang di ceritakan atau pernah baca mencarinya lebih gampang .
" Lalu mereka akan masuk website ,paling tidak tahu dulu profilenya sehingga waktu mereka berkunjung ,mereka akan lebih mantap .Kebanyakan orang asing ,jalur yang biasanya pilih dulu untuk tahu lebih dalam tempat ini .Ia akan lebih percaya website daripada ke sosial media ,"tuturnya pemilik usaha Sate Ratu ini .
Dengan website, orang awam sekalipun ,akan melihat produk yang mereka jual ,dan nunjukkan mereka yang pernah makan dan datang di sini ,juga banyak orang asingnya .
Hal ini,i untuk membangun kepercayaan ,orang melihat websitenya .
" Oh ,ternyata bener ,ternyata sudah terbiasa menghandle orang asing," ungkap nya .Dan pada akhirnya usaha semakin di kenal dan bertambah ramai.
Websitenya pun sederhana ,menerangkan produknya dan peta negara yang pernah datang ke sini .Dan pada akhirnya menjadi referensi orang asing untuk datang ke sini.
" Sate Ratu sampai ke titik ini ,salah satunya untuk menjangkau market yang lebih luas supaya calon pembeli lebih percaya produk kita ,memang kita harus punya website dan penyajiannya harus di perhatikan dan bener .
Sejauh ini market Sate Ratu cukup bagus dan harganya pun cukup kompetitif ,nggak mahal dan manfaat yang kita dapat melampaui jangkau itu semua ," ujarnya owner (pemilik ) usaha Sate Ratu.
Dan usaha bisnis Sate Ratu inipun tidak langsung sukses ,dan juga melalui proses yang cukup panjang .Pernah dalam usahanya Sate Ratu dalam sehari pernah hanya bisa menjual 2 porsi dan waktu itu harga satu porsinya adalah Rp 40.000 .Sedangkan saat itu ,ia membuat 10 porsi sehingga sisa 8 porsi ,karena tidak habis ia bagikan ,di kasih kepada lokasi dekatnya, tetangga dekat ada toko ia kasih dan terus melebar juga sebagai promo dan sekaligus membuang produk," ujarnya
Baca Juga: Rasakan Sensasi Lezatnya Es Krim MiXUE yang lagi Booming di Kota Madiun , Rasanya Bikin Nagih ,Cobain Yuk !
Demikian artikel kali ini ,acara Festival Kuliner Madiun yang berlangsung di stadion Wilis Madiun dan kisah inspirasi dari Sate Ratu,jika kalian suka dengan artikel ini ,jangan lupa subscribe,komentarnya dan share agar lebih semangat menyajikan informasi teraktual dan terupdate untuk pembaca setia semuanya.Thank so much!
Source: Liputan ,Pecah Instagram
( @nh/Nadya)
Penulis : Anis Nurhidayat
Editor : Anis Nurhidayat
Editor Video : Dwi Fitria Bibrik & Anis Nurhidayat .
# Make your dream become a reality.
# Make your dream together with GRIYA LOVERS.
#Follow Along With GMAMIL ( Griya Madiun Ngemil ), together for succes,together for glory and grow up to be champion number one .
# New Hope For A Better Future
Jika tempat makan dan produk Anda ingin di review oleh "Team Griya Madiun Ngemil" (GMAMIL TEAM )bisa hubungi no WA :088171863
#festival kuliner madiun#festival kuliner Madiun 2023# pusat kuliner madiun#tempat kuliner madiun#wisata kuliner madiun
Comments
Post a Comment