Skip to main content

Manisnya Budidaya Pepaya California ,Hasilnya Sangat Menggiurkan

   GRIYABIOGREEN.COM-Buah pepaya cukup familliar di masyarakat Indonesia dan banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern seperti hypermart .Apalagi di pedesaan hampir tiap pekarangan rumah di desa memiliki pohon pepaya.Selain bisa di jadikan sayuran ,juga bisa dimanfaatkan buah pepaya untuk di buat manisan ataupun bisa dikonsumsi langsung ketika buah pepaya sudah masak atau matang.
Buah pepaya dalam bahasa inggris dengan nama papaya dengan nama latin Carica Papaya L  tumbuh baik didaerah tropis.Buah pepaya California banyak di cari para konsumen yang menyukai buah pepaya ini.Selain buahnya tidak terlalu besar namun rasanya juga manis.
Nah,karena ukurannya yang pas tidak terlalu besar banyak diburu oleh pencinta buah pepaya.
Pepaya Kalina bentuk yang mungil dan bentuk buahnya agak panjang kehijauan dan warnanya kekuningan jika buah matang secara penuh.Meskipun bentuk mungil dan kecil dari pepaya lainnya namun pepaya Kalina penjualan pepaya ini dipasaran cukup tinggi.Maka tak heran jika pepaya Kalina disukai para petani dan juga  para pedagang.
Kamipun mencoba bertanya kepada pengemar pepaya kalina ,"Apa sih bedanya dengan pepaya yang lainnya ?
Ia mengatakan bahwa tingkat kemanisan pepaya kalina lebih manis dari pepaya lain .Disamping itu daging pepaya kalina ,daging buahnya lebih keras dan tidak gampang lembek seperti pepaya lain,"ungkapnya salah satu pengemar pepaya kalina atau California ladies.

Buah pepaya jenis Calina atau California ini hasil pengembangan dari Institut Pertaniaan Bogor (IPB) hasil rekayasa genetik yang dikembangkan oleh Prof.Dr.Ir.Sriani Sujiprihati  dan jenis ini dinamakan IPB 9.Tentu saja menjadikan hal yang membanggakan bahwa Indonesia tak kalah teknologi pertaniaannya dengan negara lain.
Buah tropis ini juga kaya akan kandungan vitamn C yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.Selain itu buah pepaya rendah kalori dan kaya vitamin juga mineral.
 Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi penting diantaranya vitamin A,vitamin E,vitamin K,kalium,kalsium,likopen,magnesium,folat,asam pantotenat,batakaroten,alpha,zeaxanthan dan juga lutein.
Dan beberapa manfaat yang ada pada buah pepaya antara lain sebagai berikut :
■ Baik Untuk Kesehatan Kulit Dan Mata.
Buah pepaya ini memiliki kandungan seperti vitamin A,Cdan E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.Kandungan seperti vitamin E dan C tersebut bisa membantu melembabkan dan juga mengembalikan kesegaran kulit agar tampak lebih muda.Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu tubuh untuk memproduksi kolagen sehingga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan keriputan  pada kulit wajah

Sedangkan untuk vitamin A dan enzin papain yang terdapat pada buah pepaya membantu menghilangkan kulit mati atau meremajakan kulit sehingga kulit akan muda kembali.
Namun bukan itu saja ladies,buah pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat,menyamarkan noda hitam pada wajah.
Selain dapat dikonsumsi langsung buah pepaya ,bisa juga di buat masker alami.
Tak sampai disitu saja ladies getah buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi seperti tumit pecah-pecah dengan cara ladies gosokkan secara memutar.Kemudian biarkan beberapa saat dan selanjutnya dibilas dengan air bersih.
Dan lakukan hal itu secara teratur agar mendapatkan hasil secara maksimal.
■ Kencangkan Payudara Dan Sehatkan Jantung.
Jika payudara ladies mulai kendur ,bisa di coba mengkonsumsi pepaya muda untuk mengencangkan payudara ladies yang mulai kendur.
Karena buah pepaya enzim dan juga kandungan vitamin A yang terdapat pada buah pepaya dapat merangsang indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan.Sehingga secara otomatis akan membuat otot dan kelenjar di sekitar payudara akan mengencang.
Bukan itu saja,buah pepaya juga bisa dijadikan salah satu makanan untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung,karena pepaya mengandung vitamin,kalium dan juga seratnya yang baik untuk menunjang kesehatan jantung.
Disamping itu ,buah pepaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol .Hal ini tentu saja secara langsung dapat menyehatkan jantung ladies.
■ Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Baik Untuk Diet.
Pada saat musim penghujan seperti saat ini ,bisa menurunkan daya tahan tubuh seperti keluhan demam dan juga flu yang seringkali terjadi dan ditambah lagi sekarang merebaknya virus yanng mematikan yaitu virus corona.
Sebelum mengalami dan terjadi hal yang tidak kita inginkan .
Alangkah baiknya memperkuat daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.
Semua ini dilakukan karena banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat pada pepaya melebihi buah jeruk dan juga lemon.
Sedangkan untuk program diet sebaiknya ladies memilih pepaya muda atau setengah matang.Enzim yang terdapat pada pepaya muda dapat menggurangi lemak pada tubuh dan sekaligus memberi efek kenyang lebih lama ladies.
Sehingga ladies bisa mengontrol makanan yang ladies konsumsi.Dengan kita mengkonsumsi buah pepaya maka sistem metabolisme kita lebih optimal serta pembakaran lemak lebih baik.Dengan begitu dietpun makin efektif.
Selain buahnya ,daun pepaya juga dimanfaatkan sebagai sayuran.Dibalik rasanya yang pahit daun pepaya mengandung senyawa aktif yang memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh kita seperti viatamin B1 dan juga vitamin C .Dan perlu ladies ketahui daun pepaya itu juga mengandung enzim protease dan amilase yang bermanfaat untuk pencernaan agar mudah mencerna karbonhidrat dan juga protein.Daun pepaya juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu fungsi liver (hati) dan baik untuk daya tahan tubuh.Tak sampai diaitu saja daun pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuli dan juga membersihkan pori-pori kulit.
Buah pepaya jenis California ini layak dibudidayakan dan sekarang banyak gandrungi para petani selain buahnya rasanya manis pohonnyapun tidak terlalu tinggi kisaran antara 1,5 sampai 2 meter  dengan bobot buah 0,8-1,5 kg /buah banyak memberikan keuntungan kepada para petani buah pepaya dengan pangsa pasar yang masih terbuka lebar.

Jenis pepaya dipasaran ada beberapa macam diantaranya  pepaya Bangkok,pepaya Red Lady dan masih banyak jenis pepaya lain.Namun buah pepaya yang lagi naik daun adalah buah pepaya California (Calina).Mungkin ladies mengira bahwa pepaya California dari Amerika,karena namanya yang agak asing ditelinga.
Namun sebenarnya pepaya ini produk lokal atau hasil pertanian para petani Indonesia.
Dan nama yang disematkan pada pepaya California merupakan strategi pasar dan para pedagang buah untuk menaikkan pamor dan harga buah pepaya kepada konsumen.
■ Syarat Tumbuh Kembang Buah Pepaya Calina (California Papaya Fruit).
Berbudiya pepaya Kalina tidaklah sulit,tanahnya cukup humus dan sedikit berpasir dengan PH tanah berkisar 6-7 .Tanaman bisa timbiuh baik pada suhu 25-30 derajat Celcius..Sedangkan lahan yang cocok untuk pepaya California tanahnya subur dan juga kaya akan bahan organik.
Pepaya California sangat cocok dibudidayakan didataran rendah hingga dataran tinggi 700 mdpl dengan tanah sedikit berpasir dan kaya humus.

Teknik Pembibitan Buah Pepaya .
Untuk pembibitan buah pepaya California tidaklah sulit.Anda bisa membuat bibit sendiri tak perlu beli bibit dari petani lain untuk menekan biaya pengeluaran bibit pepaya.Ladies bisa mengambil buah pepaya yang sudah masak dan tua yang berukuran besar untuk bakal bibit buah pepaya.
Kemudian Ladies potong buah pepaya yang sudah matang dan tua tadi menjadi tiga bagian yaitu pangkal buah dan bagian pucuk buah sehingga buah pepaya menjadi 3 bagian .Sedangkan untuk mendapatkan bibit yang bagus  ambillah biji pepaya pada potongan buah pepaya bagian yang tengah.
Ambillah biji-biji buah pepaya tadi pada wadah plastik.
Untuk menghilangkan lendir yang ada pada biji buah pepaya,gunakan bubuk sekam yang halus.Campurkan bubuk sekam dengan biji buah pepaya tadi sambil diremas-remas hingga lapisan lendir putih hilang.Kemudian biji buah pepaya tadi dijemur biar kering .Setelah kering biji pepayai siap untuk ditanam pada media tanam.
Untuk Media Pembibitan.
Untuk media tanah untuk pembibitan gunakan campuran tanah humus,sekam,dan pupuk organik atau pupuk kandang.Perbandingan tanah,sekam dan pupuk organik 1:1:1 agar unsur hara yang dibutuhkan oleh pepaya terpenuhi agar tanaman tumbuh subur.
Setelah media tanah tercampur masukkan pada kantong plastik .
Kemudian tanah  media kamu lubangi kurang lebih satu cm,selanjutnya  biji pepaya masukan satu lobang tanam satu biji.Kemudian semprot dengan air agar biji pepaya tertutup tanah.Kemudian tutup dengan plastik mulsa.Setelah menungu 1 minggu bisa kita lihat 
biji pepaya sudah tumbuh daunnya.

Penyiapan Dan Pengolahan Lahan Untuk Menanam Buah Pepaya.
Sebelum benih pepaya ditanam ,terlebih dulu siapkan lahan atau lobang tanam.Lubang tanam untuk pepaya California dengan ukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman sekitar 60 cm.
Setelah lobang tanam selesai .Campurkan tanah bekas tanah galian tadi dengan pupuk organik atau kompos atau ditambah sekam.Setelah media tercampur .Masukkan lagi tak yang sudah tercampur ke dalam lobang tanam.
Kemudian di siram pakai kocoran air atau menunggu hujan.Tunggu satu minggu agar tanah dan humus tercampur .Selanjutnya bibit tanaman pepaya siap dipindahkan ke tempat lahan yang kita sediakan tadi.

Untuk jarak tanam 2,5x2,5 cm agar tanaman teratur dan rapi.Sedangkan lahan untuk 1 hektarnya membutuhkan bibit tanaman pepaya California sekitar 1600 bibit pepaya California.
Perawatan Buah Pepaya.
Perawatan buah pepaya seperti tanaman lain seperti penyeprotan pektisida ,penyiangan gulma dan penyulaman tanaman yang mati yang perlu diganti.Penyemprotan bisa dilakukan 1 bulan sekali agar tanaman tetap sehat dan diharapkan mendapatkan buah pepaya yang unggul dan bagus .Tentu saja jika buah bagus tentu saja akan mendapat hasil yang maksimal dan harga tinggi.
Selain itu daun yang kering bisa dibersih dari pohonnya dan buang atau ditanam disekitar pohon pepaya untuk dijadikan pupuk kompos.

Cara Pemupukan Agar Buah Pepaya California Berbuat Lebat.
~ Pertama yang perlu diperhatikan kondisi tanah yang ber PH netral 6-7.
~ Tanah bebas dari bekas tanaman yang di serang oleh penyakit.
~ Kemudian areal tanaman mudah di airi dan tidak mudah tergenang apabila terjadi curah hujan yang cukup tinggi.
~ Pilih bibit tanaman yang sehat.
Pemupukan merupakan hal yang terpenting dalam budidaya Pepaya Agar Buahnya Banyak yaitu:
Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun non organik.

Untuk menghasikan buah pepaya yang baik pemupukan dilakukan secara berkelanjutan mulai pra tanam ,maupun setelah tanam.hingga pepaya mulai berbuah.
■ Pemupukan Organik.
Di berikan seminggu sebelum masa tanam buah pepeaya bdengan memasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak kurang lebih 5 kg dalam satu lubang tanam.
■ Pemupukan Non Organik.
Dan perlu ladies ketahui bahwa pemupukan merupakan salah satu faktor pendukung untuk mencapai pertumbuhan dan ukuran buahnya mencapai buah yang maksimal.
Dengan memberi pemupukan yang tepat apalagi unsur kaliumnya terpenuhi maka diharapkan rasa buah pepaya mempunyai rasa buah lebih manis.
Pemupukan non organik dilakukan perlu berkelanjutan:
~ Pupuk Dasar diberikan pada awal penanaman pepaya ,ZA 100 gram,SP36 gram,KCL 50 gram per lubang tanam.
♡ Pemupukan selanjutnya dapat dilakukan memalui tahapan umur tanam buah pepaya sebagai berikut ladies :
~ Umur pepaya 1 bulan pemupukan ZA 75 gram ,,SP36 50 gram,KCL 50 gram per pohon.
~ Umur 3-5 bulan pemupukan buah pepaya ,ZA 100 gram,SP 36 75 hram,KCL 50 gram perpohon.
~ Umur 6-9 bulan pemupukan ,ZA 150 gram,SP36 150 gram,KCL 100 gram per pohon.
~ Umur 10  bulan dan seterusnya tiap bulan lakukan pemupukan dengan perpaduan pupuk ,ZA 200,SP36 150 gram,KCL 250 gram per pohon..
Atau berikan pupuk majemuk NPK tiap bulan sekali dosis 100 gram per pohon sebelum berbuah..Dan lakukan pemupukan saat pepaya sudah berproduksi sebanyak 200 gram per pohon.
Buah Pepaya Mulai Di Panen.
Budidaya buah pepaya Calina untuk masa penen tidak menunggu lama.Buah pepaya Calina bisa dipetik buahnya sekitar 8-9 bulan.setelah masa tanam.Tanda buah pepaya sudah layak dipetik ,warna kulit pepaya ada semburat warna kekuningan pada buah pepaya .
Bukan hanya buahnya yang bisa yang bisa dimanfaatkan,selain buahnya bisa dibuat olahan lain seperti dibuat manisan ataupun rujak.
Daun pepaya muda juga dibuat sayuran,sedangkan biji buah pepaya bisa dimanfaatkan untuk obat cacing. 
Tidak sampai situ saja ketika memetik buah pepaya dan juga daunnya kita mendapati getah seperti susu .Enzim ini mengandung pemecah protein yang sering disebut dengan papain.Papain bermanfaat untuk dunia kosmetik untuk menghaluskan kulit dan bisa digunakan untuk memasak daging agar daging lebih empuk.Getah untuk membuat papain yang paling bagus diambil dari getah buahnya pepaya.Getah ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup menggiurkan .Harga enzim papain dipasaran 100 gramnya sekitar Rp 350.000 ladies.Harganya menggiurkan bukan ladies ?

Harga Buah Pepaya Calina Di Pasaran.
Harga pasaran buah pepaya di Supermarket antara Rp 21.000-25.000 ,sedangkan di tingkat petani buah pepaya Calina sekitar Rp 5000-9000/kg.Buah pepaya ini banyak kita temui di pusat-pusat perbelanjaan modern seperti supermarket maupun hypermarket.Dan jarang masuk ke pasar tradisional.
Berdasarkan bentuk dan ukuran pepaya dibagi menjadi dibagi empat ukuran  kwalitas (GRADE) yang menjadi standar toko supermaket yaitu grade A ,grade B,grade baby,grade C.
Bentuk pepaya grade A mempunyai bentuk dan ukuran nyaris sempurna dan juga tidak mempunyai cacat dikulit luarnya.Dan daging buah pepayanya juga berwarna merah .Dan mempunyai rasa buah yang sangat manis.Hingga pepaya Kalina seperti ini distribusinya atau pemasarannya sampai ke Supermaket-supermaket besar.
Kedua pepaya grade B tingkatannya dibawah A ,baik secara kwalitas bentuk dan ukurannya sedang untuk rasanya tidak jauh berbeda dengan pepaya California grade A.Untuk tingkat lainnya adalah grade baby ,sesuai dengan ukurannya pepaya lebih kecil ketimbang grade A dan grade B .Sedang soal kwalitas dan rasanya tak jauh berbeda dengan grade A dan B namun untuk pepaya ukuran ini untuk konsumen yang menyukai bentuk yang mungil dan kecil .Dan ketiga grade tadi yaitu grade C yang merupakan kwalitas paling rendah dari ketiga grade tadi.Oleh karena untuk pepaya California jenis ini hanya diperuntukkan untuk dijual dipasar-pasar tradisional.Untuk pendistribusian pepaya California ini juga dilakukan pemilihan.Untuk menghindari cacat maka pepaya Kalina dibungkus dengan kertas koran agar tidak terjadi gesekan antara pepaya yang lainnya dan untuk menjaga kwalitas.
■ Menu Kreasi Dari Buah Pepaya.
1.Smoothies Pepaya Jeruk.
Bahan yang diperlukan :
~ 6 jeruk manis belah menjadi dua bagian ,peras ambil airnya.
~ 200 gram pepaya potong-potong.
~ Yogurt jeruk 150 gram .
~ Es serut secukupnya .
~ 4 sendok makan sirup vanili.
Cara Membuatnya :
1.| Pertama masukkan pepaya ke dalam blender .
2.| Kemudian tambahkan air jeruk ,sirup vanili dan es batu serut.Proses hingga lembut dan tercampur rata.
3.| Selanjutnya masukkan yogurt.Dan diblender kembali hingga lembut.Kemudian tuangkan smoothies dalam gelas dan sajikan.Dan smoothies pepaya jeruk siap ladies nikmati.(Untuk 4 gelas ).


Simak juga video pilihan proses.persidangan kasus pembunuhan warga Persaudaraan Setia Hati Terate yang dihadiri ribuan anggota dari berbagai daerah Persaudaraan Setia Hati Terate. Dalam kasus ini terdakwa saudara Heri Cahyono dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan tuntutan hukuman mati.
■ Inspirasiku :
Jadilah pekerja keras dan percaya pada kemampuan diri sendiri.Tak peduli dari mana kamu berasal.Tak perduli kamu siapa sebelumnya,yang terpenting apa yang kamu kerjakan hari ini.Tak perlu kamu menunda-nunda waktu untuk menggapai impianmu.Tak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baru.Selama kamu mempunyai semangat untuk maju daripada kamu tidak berbuat sesuatu atau tak berbuat apa-apa.Tetap berusaha untuk hidupmu itu lebih baik.
Demikian artikel kali ini tentang membudidayakan pepaya california atau pepaya kalina yang mempunyai nilai ekonomis yang menggiurkan ,selain mudah perawaratnnya dan masa berbuahnyapun tak menunggu terlalu lama.Selain bisa dinikmati buahnya untuk keluarga dan bisa juga dijual yang bisa menambah pendapatan keluarga sekaligus bisa memenuhi kebutuhan buah untuk keluarga tercinta.Salam sehat dan sukses selalu Keluarga Besar Indonesia.

Penulis :Anis Nurhidayat.
Editor:Anis Nurhidayat
# Make your dream together with GRIYALOVER
# Make your dream become a reality
Sumber:Kementerian Pertaniaan RI.
Image by pixabay


Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Gurih Empuknya Jajanan Bolang -Baling " Ratu "Khas Madiun di Sebelah Traffic Light Jalan Bali Madiun ,,Rasanya Bikin Nagih ,Cobain Yuk !

    GRIYA MADIUN - Kota Madiun sudah banyak berbenah , mempercantik diri dan menghadirkan ikon -ikon wisata dunia menggagumkan ,seperti miniatur Ka'bah ,,Patung Singa Merlion ,Patung Liberty ,Tugu Monas ,Kincir Angin    Belanda  yang akan melengkapi keindahan kota ,yang akan  di hadirkan di kota Madiun,bukan saja terkenal sebagai kotanya  para pendekar ,tetapi juga ragam kuliner dan jajanannya . Salah satu jajanan yang lagi viral dan di enak di nikmati saat cuaca dingin seperti sekarang ini di kota Madiun yaitu " Golang -galing " atau orang Jakarta menyebutnya roti odading yang beberapa bulan lalu pernah viral dan trending di beberapa media online . Roti Odading atau di daerah Madiun sering di sebut dengan roti Golang -galing,Bolang -Baling atau roti bantal , yang mirip oliebollen ,donat goreng  makanan khas Belanda tekturnya gurih ,renyah dan empuk saat di gigit dan di kunyah .Pas di sandingkan dengan minuman  teh manis maupun susu jahe hangat saat cuaca di