Skip to main content

Cara Menanam Jagung Serta Manfaat Yang Bisa Kita Ambil dari Jagung

   GRIYABIOGREEN.COM-Jagung bagi masyarakat Indonesia cukup familliar yang banyak dibudidaya diberbagai wilayah negara Indonesia.dan bisa dijadikan makanan alternatif penganti nasi.Jagung bisa dijadikan beragam macam olahan yang mempunyai nilai ekonomis yang menjanijikan untuk menambah penghasilan keluarga.Ketika mendengar kata jagung yang terlintas dalam pikiran adalah jagung bakar yang cocok dinikmati saat udara dingin apalagi saat kita bertamasya didaerah pegunungan yang menyajikan pemandangan yang indah dan udaranya yang dingin menusuk tulang.Sangat pas dan cocok banget menikmati lengit dan lezatnya jagung bakar Hem yummy banget ladies.Bikin ngiler ladies Apalagi saat kita mengadakan cara camping bersama kawan atau sahabat di alam bebas sambil membakar api unggun dan menikmati lezatnya jagung bakar ,sambil mendengar petikan gitar menjadi pikiran kita jadi lebih adem dan rileks Membuat angan-angan kita menerawang jauh sambil mendengar alunan gemericik air pegunungan,membuat jiwa kita lebih adem .Jagung dengan nama ilmiah (Zea mays L) yang mempunyai daun mirip seperti daun tebu dengan tinggi sekitar 2 meter ,satu pohon maksimal bisa menghasilkan buah antara 10 -12 buah jagung .Harga jagung dipasaran berkisar antara Rp 4000 per kg .Tanaman jagung banyak ditanam didaerah pedesaan yang sering dibudidayaan selain padi,kacang tanah,perkebunan tebu,buah melon,buah semangka dan juga tanaman jagung yang jadi tanaman primadona selain tanaman padi.Kandungan gizi jagung diantaranya kalori,protein,lemak,karbonhidrat,kalsium ,fosfor,vitamin A,vitamin B1.Jagung juga bisa dibuat tepung yang diambil dari patinya buah jagung yang dipasaran sering disebut dengan tepung maizena,yang biasa untuk pengental makanan seperti masakan capcay dan bisa juga untuk campuran makanan lainnya.
image myself

Baca Juga : NILAI GIZI DAN MANFAAT KACANG POLONG
Biaya tanam jagung per Ha sekitar Rp 8-10 juta jika hasil tanaman jagung perhektar 10 ton/Ha jiika dikalkulasi harga jual jagung per kg saat ini sekitar Rp 4000 maka akan diperoleh omzet sekitar Rp 40 juta per Ha jika panen jagung 10 ton /Ha maka akan diperoleh hasil bersih sekitar Rp 30 juta per Ha.
Hasilnya sangat menggiurkan bukan ladies ? Tertarik untuk menanam dan membudidayakan tanaman jagung ladies ?Bisa dicoba dan tak salah ladies untuk mencobanya.Siapa tahu hasilnya mengangkat perekonomian keluarga.Bukan begitu ladies ,lebih baik mencoba daripada tidak berbuat sama sekali.Jika ladies punya tanah kosong yang tidak dimanfaatkan lebih baik didayagunakan untuk menambah income keluarga.
Tanaman jagung bisa dibudayakan mulai dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 1600 dpl (diatas permukaan laut).
Pengolahan Tanah.
Sebelum penanman jagung lebih dulu dilakukan pengolahan tanah dengan kedalaman sekitar 20 cm bisa dengan dicangkul maupun menggunakan mesin pertanian traktor untuk mempercepat proses pengolahan tanah.Setelah pengolahan tanah bisa ditaburi pupuk kandang untuk menambah kesuburan tanah dan meningkatkan tumbuh kembangkan tanaman jagung.
Penanaman Buah Jagung.
Penanman jagung juga perlu diperhatikan jarak tanam jagung 20 cmx 20 cm dan antara bedengan tanam 80 cm dalam satu bedengan terdapat dua larikan tanaman jagung.Untuk menanam jagung buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 3 cm .Setiap lubang beri satu biji jagung lalu tutup dengan jerami atau kompos agar tanah terjaga melembabnya.Sedangkan hama jagung diantaranya kutu daun ,ulat tongkol,dan penggerek batang jagung.Jagung mulai berbunga ketika jagung berumur sekitar 50 hari.
Pengairan .
Dilakukan pada pertumbuhan awal jagung,fase pertumbuhan vegetatif,fase pembungaan,fase pengisian biji,fase pematangan .

Waktu Pemupukan dan Penyiangan Gulma.

Waktu pemupukan jagung bisa dilakukan tiga kali diberikan saat jagung berumur 7-10 hari setelah tanam ,28-30 hari setelah tanam,dan umur 40 hari -45 hari setelah tanam.
Pupuk untuk tanaman jagung menggunakan pupuk dasar NPK yang bisa kita dapatkan dari Urea,SP36,Kcl (N= 100kg/Ha,P=100 kg/Ha,K=50 kg/Ha).Jadi pemupukan tanaman jagung NPK 250 kg/Ha.
Masa Panen Raya Jagung.
Jagung bisa dipanen saat usia muda atau orang menyebut dengan baby corn .Saat pemanenan jagung tumbuh jagung rambut setelah tiga hari atau jagung berumur sekitar 60 hariJagung muda ini belum berisi biji jagung tapi tongkol jagung yang muda yang kita ambil.Harga dipasaran jagung muda berkisar antara Rp 25.000-30.000 per/kg nya.Jagung muda biasa digunakan pada masakan sayur asem dan juga capcay yang bisa kita temui warung atau rumah makan yang menawarkan menu capcay.Rasa lezat dan enak banget.
Masa panen jagung sekitar 120 hari (3 sampai 4 bulan ).

Baca Juga : MENU MASAKAN YANG BISA LADIES COBA SAAT LIBUR AKHIR PEKAN 
Manfaat Jagung Untuk Kesehatan.
1.Jagung yang kaya serat dan vitamin B in kandungannya dapat memenuhi kebutuhan serat per harinya yaitu 10 persen serat.Hal ini memberikan manfaat untuk melancarkan pencernaan dan juga mengoptimalkan metabolisme tubuh.Sehingga jika ladies mengkonsumsi secara rutin bisa mencegah masalah sembelit atau sulit BAB.
2.Jagung juga kaya kandungan karbonhidrat yang sangat dibutuhkan saat ladies menjalani diet sehingga lladies sebaiknya tetap mengkonsumsi cukup karbonhidrat untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh.Salah satunya dengan mengkonsumsi jagung karena kandungan karbonhidratny lebih sedikit dibandingkan dengan nasi.Pasalnya ,untuk diet efektif disarankan hanya 20 sampai 50 gram karbonhidrat perharinya.Sedang jagung sangat baik untuk program diet karena jagung memiliki 11,4 gram karbonhidrat per -100 gramnya.Sedangkan nasi karbonhidratnya cukup tinggi yaitu 28,59 gram karbonhidratnya sehingga jagung lebih unggul untuk program diet karena sama-sama mengenyangkan namun karbonhidrat jagung lebih rendah dibandingkan nasi.
3.Jagung memiliki kandungan vitamin A ,seperti kita ketahui vitamin A baik untuk menjaga kesehatan kulit dari kerusakan dan menjaga elastisitas ,kehalusan dan kekenyalan kulit.Selain itu juga vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan mata agar mata lebih sehat.Dan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan vitamin dari jagung selain wortel yang juga kaya akan vitmin A.Vitamin A ini bermanfaat.untuk memperkuat saraf optik dan menjaga ,memperbaiki penglihatan mata.
Baca Juga : BIKIN NAGIH BANGET LADIES ,YUK CICIPI NASI PECEL YANG ADA DI KOTA MADIUN

OLAHAN YANG BERASAL DARI JAGUNG
Selain jagung bisa dibuat bermacam -macam olahan yang mengandung nilai gizi dan juga nilai ekonomis.Dan ternyata jagung juga bisa dibuat minyak jagung ( corn oil ) yang dibuat dari ekstrak dari perasan biji jagung .Sebelum diperas biji jagung untuk menghasilkan minyak ,lebih dulu jagung direndam dalam air panas selama dua hari.Kemudian biji jagung digiling kasar untuk melepas bakal buahnya Minyak jagung ini berwarna kekuningan dan memiliki rasa hambar sehingga tidak mempengaruhi citarasa masakan atau olah yang kita buat.
   Minyak jagung mengandung lemak jenuh rendah dan juga lemak jagung tidak jenuh cukup tinggi .Jagung merupakan sumber omega -3 dan juga mengandung fitosterol yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan untuk mengurangi resiko penyakit stroke dàn juga jantung .Namun tak hanya itu saja ,jagung juga dapat menyehatkan mata serta membantu penyerapan vitamin.Minyak jagung juga dapat digunakan untuk menumis ataupun sebagai campuran saus salad.Karena minyak jagung memiliki titik asap yang relatif sangat rendah .Oleh karena itu kurang stabil saat dipanaskan.Jadi sebaiknya ladies hindari penggunaan minyak jagung untuk memasak dengan metode menggoreng dengan minyak banyak atau deep frying karena dengan metode masak seperti ini bisa merusak komponen penting dalam minyak.
Baca Juga :BUGAR DAN SEGAR DENGAN JERUK PAMELO
Sayur Asem Jagung Manis.
Bahan yang diperlukan :
~ 160 gram kacang tanah rebus.
~ 100 gram kacang panjang dipotang menurut selera (3 cm ).
~ 4 jagung manis yang di potong menurut selera ladies ( atau sekitar 4 cm).
~ 50 gram buah melinjo.
~ 2 buah labu siam yang dikupas dan dipotong dadu kurang lebih 1 1/2 cm.
~ 30 lembar daun melinjo muda.
~ 4 buah cabai merah potong bulat kurang lebih 1 cm.
~ 4 buah cabai hijau dan dipotong bulat kurang lebih 1 cm.
~ 4 lembar daun salam.
~ 4 cm lengkuas memarkan.
~ 10 sendok makan air asam .
~ 1 sendok makan gula merah sisir.
~ Garam secukupnya.
~ 2400 ml air.
■ Cara Membuat Bumbu Halus :
~ 6 siung bawang putih.
~ 10 butir bawang merah 
~ 2 sendok teh terasi bakar.
~ 16 buah cabai merah.
Cara Membuatnya :
1. Pertama ladies didihkan air dulu dan kemudian masukkan jagung dan juga buah melinjo .Dan rebuslah hingga lunak atau matang.
2.Selanjutnya tambahkan bumbu halus ,daun salam dan juga lengkuas.Masaklah hingga mendidih.
3.Kemudian masak kacang tanah dan juga kacang panjang ,labu siam,cabai merah,daun melinjo muda dan juga cabai hijau.Masaklah hingga setengah matang.
4.Selanjutnya tuangkan air asam ,tambahkan gula merah dan juga garam .Kemudian aduk rata dan masak hingga matang dan angkat.Dan masukkan ditempat penyajian dan sajikan.
Untuk 8 porsi
Sup Ikan Bumbu Kluwek.
Bahan yang dibutuhkan :
~ 4 buah stik tenggiri.
~ 4 sendok makan kacang polong
~ 300 gram wortel potong dadu kecil.
~ 4 sendok makan jagung manis pipil.
~ 2 batang bawang perai iris menurut selera.
~ 1 sendok teh merica bubuk.
~ garam secukupnya.
~ 800 ml air kaldu.
~ Bawang goreng secukupnya.
~ 1 sendok makan minyak goreng .
■ Bumbu Halus .
~ 6 butir bawang merah.
~ 4 siung bawang putih.
~ 2 buah kluwek keluarkan isinya .
Cara Membuatnya :
1. Pertama panaskan minyak dulu .Selanjutnya tumis bumbu halus hingga harum.
2. Kemudian masukkan kacang polong ,jagung manis dan juga wortel .Dan tumis hingga layu.
3. Kemudian tuangkan air kaldu,masukkan ikan  dan beri garam dan juga merica bubuk .Selanjutnya masak hingga matang.Tambahkan bawang perai dan angkat
4.Terakhir taburi bawanv goreng diatasnya dan sajikan.
Baca Juga :INGIN MERASAKAN DINGINNYA SALJU ,TAK PERLU JAUH DATANG SAJA DI LAWU PARK
Takir Tahu Jagung .
Bahan yang diperlukan :
~ 500 gram tahu tumbuk halus.
~ 240 jagung manis pipil dan tumbuk kasar.
~ 400 ml santan dari 1/2  butir kelapa.
~ 4 butir telur ayam.
~ 2 lembar daun jeruk dan buang urat daunnya.Dan di iris halus.
~ 8 lembar daun salam pontong menjadi 2 bagian.
~ Garam secukupnya.
~ 1 sendok teh kaldu bubuk.
~ 1 sendok teh gula pasir sisir.
~ Daun pisang secukupnya dan bentuk takir dari daun pisang.
~ 2 buah cabai merah dan iris berbentuk serong.
■ Untuk Bumbu Halus :
~ 8 butir bawang merah.
~ 4 siung bawang putih.
~ 1 sendok teh ketumbar.
Cara membuatnya :
1.Pertama campurkan dulu jagung manis,tahu,bumbu halus dan sisa bahan lainnya kecuali daun salam dan daun pisang  .Selanjutnya aduk rata.
2. Kemudian tuangkan adonan tahu jagung kedalam takir daun pisang yang telah diberi 1 iris daun salam hingga agak penuh.Lalu beilah irisan cabai merah diatasnya.
3. Kemudian panaskan panci pengukus dan kukus adonan tahu jagung selama kurang lebih 30 menit hingga matang ,angkat dan sajikan.

Tumis Jagung Brokoli.
♡ Bahan yang dibutuhkan :
~ 500 gran jagung manis pipil.
~ 500 gram brokoli dan dipotong per kuntum.
~ 200 gram fillet ayam potong berbentuk dadu.
~ 1 buah bawang bombay dan dicincang halus.
~ 6 siung bawang putih dicincang halus.
~ 4 buah cabai merah buang bijinya dan dipotong kurang lebih 1 cm.
~ 1/2 sendok teh kaldu bubuk.
~ 1/2 sendok teh merica bubuk.
~ 1 sendok teh gula pasir.
~ Garam secukupnya .
~ 300 ml air.
~ 2 sendok  teh tepung maizena larutkan dengan sedikit air.
~ 4 sendok makan minyak goreng.
Cara Membuatnya :
1.Pertama ladies panaskan minyak goreng .Lalu tumis bawang putih ,bawang bombay dan juga cabai merah hingga harum.Kemudian masukkan ayam dan tumis hingga daging ayam berubah warna.
2. Selanjutnya masukkan sisa bahan lainnya kecuali larutan maizena .Lalu aduk rata masak hingga mendidih dan matang.
3. Terakhir ladies larutkan tepung maizena  dan aduk rata.Lalu masak kembali hingga mendidih dan mengental.Dan angkat lalu sajikan.

Aneka Olahan Dari Popcorn.

□ Es Cream Popcorn.
Bahan yang dibutuhkan diantaranya :
~ 100 gram jagung popcorn.
~ 2 sendok makan mentega .
~ 100 ml saus coklat siap pakai.
~ 8 scoop es krim.
~ 60 gram coklat chip.
Cara Membuatnya :
1. Pertama ladies panaskan mentega ke dalam panci dan masukkan jagung .Kemudian aduk rata.Selanjutnya tutup popcorn dan biarkan hingga mengembang selanjutnya angkat.
2. Kemudian letakkan setengah bagian popcorn ke dalam mangkuk saji.
3. Dan selanjutnya tambahkan 4  scoop es krim dan siram dengan saus coklat yang siap pakai.Dan taburi dengan coklat chip dan sajikan.( Untuk 2 porsi )
Es Cappucino Popcon.
□ Bahan yang dibutuhkan :
~ 100 gram jagung popcorn.
~ 2 sendok makan mentega.
~ 4 bungkus cappucino instan.
~ Es batu secukupnya.
~ 100 ml krim kocok ,kocok hingga mengembang .
~ 1000 ml air.
Cara Membuatnya :
1.Lebih dulu ladies panaskan mentega dalam panci ,selanjutnya masukkan jagung aduk rata .Kemudian tutup panci dan biarkan hingga jagung mengembang dan angkat.
2. Kemudian masukkan cappucino instan ,es batu dan air ke dalam blender .Selanjutnya proses hingga rata.
3. Tambahkan 6 sendok makan popcorn dan haluskan sebentar dengan blender .
4. Selanjutnya tuangkan dalam gelas saji dan semprotkan krim diatasnya.Tambahkan popcorn dan siram dengan saos cokelat dan sajikan.(Untuk 4 porsi ).
Cokelat Popcorn.
□ Bahan yang dibutuhkan :
~ 100 gram jagung popcorn.
~ 2 sendok makan mentega.
~ 150 gram cokelat masak pekat.
~ 4 sendok makan trimis warna warni.
Cara Membuatnya :
1. Pertama panaskan mentega dulu kedalam panci dan masukkan jagung.Aduk rata dan tutup panci biarkan hingga mengembang dan angkat.
2. Kemudian tim cokelat masak cokelat hingga pekat dan meleleh. Kemudian tambahkan popcorn kedalamnya aduk rata .
3. Selanjutnya letakkan popcorn kedalam cup kertas dan taburi trimis dan biarkan cokelat mengeras .Kemudian angkat dan sajikan.
Baca Juga :KEINDAHAN WISATA ALAM AIR TERJUN SRAMBANG JOGOROGO NGAWI

Bahan Jajanan Yang Menggunakan Jagung.

1.| Risoles Jagung .
Bahan yang diperlukan :
~ 400 gram tepung terigu protein sedang .
~ 1 sendok teh garam.
~ 6 butir telur ayam.
~ 800 ml susu cair.
~ Margarin secukupnya.
~ 400 gram popcorn tumbuk.
~ 1400 ml minyak goreng.
Bahan isian :
~ 6 buah jagung manis pipil.
~ 200 gram keju cheddar parut.
~ 400 gram mayones.
~ 100 ml susu kental manis.
Cara Membuatnya :
1.Pertama kulit : Campurkan 300 gram tepung terigu,garam,2 butir telur ayam ,susu cair dan 2 sdm minyak goreng dan aduk rata.
2.Kemudian panaskan pan dadar anti lengket dan olesi margarin.Tuangi satu sendok sayur adonan ,buat dadar .Dan lakukan sampai adonan habis.
3.Untuk isi :Campurkan mayones,susu kental manis dan keju cheddar .Aduk hingga rata..Masukkan jagung manis dan aduk kembali hingga rata.
4.Kemudian ambillah selembar dadar isi dengan adonan isi yang tadi kita buat.Selanjutnya lipatlah kedua sisinya ke tengah dan digulung .Dan lakukan hingga adonan kulit dan isi habis.
5. Kemudian gulingkan resoles diatas sisa terigu ,celupkan dalam sisa telur yang sudah dikocok rata.Angkat dan gulingkan dalam popcorn tumbuk hingga dan lakukan ladies hingga adonan habis.
6.Selanjutnya yang terakhir panaskan minyak goreng .Goreng resoles hingga kuning kecoklatan .Angkat dan tiriskan selanjutnya sajikan.( Untuk 20 buah )
Baca Juga :PESONA DESTINASI WISATA ALAM WATU RUMPUK TAMAN BUNGA DIATAS BUKIT
2.| Dadar Gulung Jagung.
■ Untuk Bahan Kulit :
~ 300 gram tepung terigu protein sedang.
~ 1/2 sendok teh garam.
~ 2 butir telur ayam.
~ 800 ml santan.
~ 2 sendok makan minyak goreng 
~ Pasta pandan secukupnya.
~ Margarin secukupnya.
■ Untuk Bahan Isi :
~ 500 gram jagung manis pipil.
~ 300 gram kelapa muda parut.
~ 250 gram gula pasir.
~ Vanili bubuk secukupnya.
~ 1 sendok teh garam.
Cara Membuatnaya :
1. Untuk kulit :Pertama campurkan semua bahan kecuali pasta pandan dan margarin dan aduklah hingga rata.Saring jika diperlukan.Selanjutnya tambahkan pasta pandan dan aduk hingga rata.
2. Selanjutnya panaskan pan dadar anti lengket dan olesi sedikit margarin.Kemudian tuangi satu sendok sayur adonan buat dadar.Dan lakukan hingga semua adoanan habis.
3. Untuk isi : Pertama campurkan jagung ,gula pasir,kelapa parut ,vanili bubuk dan juga garam dalam wajan antilengket.Selanjutnya masak sambil terus diaduk hingga gula larut dan matang.Kemudian angkat dan sisihkan.
4. Terakhir ambillah selembar kulit dadar dan beri 1 sdm adonan isi yang kita buat tadi.Lipat bagian tepinya ke tengah dan gulung kulit dadar.Lalukan dengan cara sama hingga kulit dan adonan isi habis.
Setelah semua selesai kemudian sajikan.
3.| Roti Goreng Isi Ragout Jagung.
Bahan yang dibutuhkan :
~ 20 lembar roti tawar .
~ 6 butir telur ayam kocok lepas.
~ 300 gram tepung panir.
~ 700 nl minyak goreng.
■ Bahan untuk isi :
~ 200 gram ayam cincang.
~ 200 gram jagung manis pipil.
~ 4 telur ayam rebus kupas dan iris tipis.
~ 1 buah bawang bombay dicincang .
~ 6 siung bawang putih dicincang.
~ 2 batang bawang perai diiris tipis.
~ 6 sendok makan tepung terigu protein sedang.
~ 300 ml susu cair.
~ 200 ml air kaldu.
~ 1 sendok teh merica bubuk.
~ 1 sendok teh gula pasir.
~ 6 sendok makan margarin.
~ Garam secukupnya.
Cara Membuatnya :
1.Untuk isinya : Pertama ladies panaskan margarin,lalu tumis bawang bombay ,bawang perai dan juga bawang putih hingga berbau harum.Selanjutnya masukkan ayam ,aduklah dengan rata.Kemudian masukkan tepung terigu ,aduk rata.Tambahkan ladies susu cair ,air kaldu,merica,gula pasir dan juga garam .Aduk rata masak.hingga kental dan matang.Lalu angkat dan sisihkan.
2. Selanjutnya ambil satu lembar roti dan beri olesan adonan isi yang kita buat tadi hingga rata.Lalu taburi irisan telur hingga rata.Kemudian tutup kembali bagian atasnya dengan selembar roti .Lakukan hingga adonan habis.
3. Langkah selanjutnya potong roti panir menjadi dua bagian hingga berbentuk segitiga .
4. Kemudian gulingkan roti pada telur kocok dan gulingkan pada tepung panir hingga rata.Lalu simpan dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam.
5. Langkah terakhir goreng roti telur hingga kuning kecoklatan dan matang.Selanjutnya angkat dan sajikan.
Jangan lupa tonton juga "Budidaya Jagung" dibawah ini :

Baca Juga :MANFAAT KEMIRI SELAIN BUMBU DAPUR
Tip Memilih Jagung :
Untuk memdapatkan jagung yang baik dan maksimal pilihlah serabut jagung yang berwarna coklat tua dan masih lekat pada jagung tersebut.Hindari milih jagung yang warna serabutnya kehitaman dan juga kering karena menandakan jagung sudah tua.
Pilihlah jagung yang mempunyai biji yang penuh dalam satu bonggol jagung.Perhatikan bijinya ,jangan membeli jagung yang bijinya sudah keriput dan kering.Hal ini menandakan jagung sudah disimpan sudah cukup lama dan tentu saja tingkat kesegarannya sudah berkurang.

Inspirasiku :
Menolong orang yang membutuhkan atau kekurangan tidak akan membuat kita miskin.Karena sebagian harta kita adalah milik orang lain.Dan sedekah merupakan salah satu penolak sialan dan nasib buruk, Alloh akan mencurahkan karuniaNya yang tidak mungkin Anda bayangkan.Cerdas Emosional,Cerdas Spritual,Cerdas Intelektual.Peluang usaha selalu ada selagi kita mau melihat dan belajar dari pengamatan yang ada disekitar kita.Dan yang terpenting lakukan yang ladies sukai (passion) dan satu lagi jangan pernah menyerah dengan keadaan apapun.
  Nah,demikian beragam manfaat dan olahan dari jagung manis yang bisa dapatkan dipasar tradiisional maupun pasar modern.Rasanyapun enak jika disayur asem ataupun direbus ataupun dibakar ladies.Semoga bermanfaat buat pembaca setia GriyaBioGreen.Salam sehat dan sukses selalu buat pembaca dari Sabang sampai  Merauke Papua.Jaya Indonesiaku.
Penulis : Anis Nurhidayat.
Editor : Anis Nurhidayat.


Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Kota Madiun .Coba Intip Yuk Keramaiannya !

         GRIYA MADIUN  -Tak terasa tahun baru telah kita lewati ,berbagai kisah bahagia ,sedih telah menjadi bagian cerita dan kisah hidup , mau atau tidak mau wajib menjalani perannya masing-,masing. Di berbagai masyarakat di belahan dunia mana pun merayakan pergantian tahun di rayakan  dengan berbagai acara yang meriah ,dengan harapan tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin  . Tak terkecuali masyarakat di sekitar kota Madiun juga ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di pusatkan di Pahlawan Street Center ( PSC ) dan juga di Alun -Alun kota Madiun. Kami pun dari GMAMIL Team Sabtu (31/12/2022 ) tak ketinggalan ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di jalan Pahlawan kota Madiun yang di padati pengunjung yang sejak sore hari hingga tengah malam. Sepanjang jalan Pahlwan Street Center (PSC ) di tutup untuk segala kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes ,di Meriahka