Skip to main content

Manfaat Ketan Hitam Yang Harus Ladies Ketahui

   GRIYABIOGREEN.COM- Siapapun pasti sudah kenal dengan ketan hitam.Ketan hitam sering kita jumpai dihajatan tematen saat acara pernikahan sering disajikan untuk para tamu undangan yaitu tape ketan hitam.Rasanya manis dan tentu saja lengit dan enak.Ketan hitam atau tape sering digunakan campuran es.dawet disamping cendol.sebagai pelengkap es dawet.Ketan hitam juga sering kita jumpai dijadikan olahan seperti getas ketan hitam atau orang jawa menyebutnya kemplak yang diberitaburan gula putih.Ketan hitam juga bisa disajikan dengan sirup.dan juga campuran santan seperti dawet atau orang sering menyebut jenang ketan hiitam dengan dilengkapi.santan sangat mengoda selera ladies.Tak salah jika.ladies menyukai hidangan yang satu ini .Pasalnya ketan hitam  mengandung banyak manfaat dan nutrisi yang ada didalamnya.Ketan hitam menawarkan rasa yang unik .Ketan hitam merupakan makanan khas Indonesia ini memadukan rasa gurih ,manis,dan legit saat dimakan mempunyai sensansi tersendiri bagai penikmatnya. .Diantara manfaat dan kandungan nutrisinya  bisa ladies baca uraian lengkapnya berikut ini :
Baca Juga : JAMUR KUPING KAYA MANFAAT
MENCEGAH PENUAAN DINI.
Ketan hitam.mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari ,polusi udara,debu atau zat berbahaya lainnya .Dan efek yang ditimbulkan diwajah seperti timbulnya jerawat,wajah tampak kusam,maupun guratan halus diwajah ladies,hal ini disebabkan oleh efek dari radikal bebas yang menyerang tubuh kita.
Maka untuk mencegah timbulnya radikal bebas dengan mengkonsumsi secara rutin ketan hitam untuk mencegah timbulnya radikal bebas dan mencegah timbulnya penuaan dini dan kulit wajah akan tampak lebih segar dan menjaga elastisitas kulit wajah ladies dan kulit lebih kenyal dan cerah.
ANTI INFLAMASI(ANTI PERADANGAN)
Jika kita mengalami sakit radang tenggorokan ,kita bisa mencoba mengkonsumsi makanan ketan hitam ini.Pasalnya kandungan warna hitam pada ketan hitam ini mengandung anthocyanin yang cukup tinggi.Dan zat ini mengandung antioksidan alami yang cukup tinggi yang dapat mengatasi dan mencegah masalah peradangan.Sehingga zat-zat berbahaya didalam tubuh keluar dan tidak menganggu metabolisme sistem tubuh kita ladies.Antosyanin juga bermanfaat untuk melawan penyakit jantung maupun kanker.Antosyanin sendiri.juga berfungsi mengontrol kadar gula ,menekan sel tumor dan juga melancarkan sistem.pencernaan.
MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG KORONER DAN DIABETES.
Kandungan serat hitam dapat mengatur insulin dan glukosa dalam.aliran darah sehingga mengurangi lonjakan dan menurunkan gula dalam darah dan meringankan dan menurunkan kadar gula  bagi penderita diabetes.
Serat yang terdapat pada ketam hitam cukup tinggi dibandingkan dengan padi-padian lainnya sehingga juga membantu menurunkan tekanan darah.Karena dengan kandungan lemak yang rendah makan ketan hitam dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga : ANGGUR BUAH UNIK KAYA NUTRISI
MENU OLAHAN YANG BERBAHAN KETAN HITAM.
KEMPLANG KETAN HITAM (GETAS KETAN HITAM ).
Bahan yang dibutuhkan diantaranya :
~ 125 gram tepung ketan hitam .
~ 125 gram tepung ketan putih.
~ 150 gram kelapa parut kasar.
~ 1/2 sendok teh garam.
~ Minyak goreng 700 ml.
~ 175 santan hangat.
Bahan Lapisan Getas Ketan Hitam.
~ 125 gram gula pasir.
~ 50 ml air.
Cara Membuatnya :
1.| Pertama campurkan tepung ketan hitam dan tepung ketan putih ,kelapa parut dan juga garam.Aduklah hingga rata .Kemudian tuangkan satan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak lengket.Selanjutnya ambillah sedikit adonan bentuklah adonan lonjong.
2.| Selanjutnya panaskan minyak dan gorenglah adonan tadi dengan api sedang hingga matang .Angkat lalu tiriskan dan biarkan getas dingin.
3.| Untuk lapisan ,Panaskanlah gula pasir dan air sambil.diaduk ,hingga busa dan gula mengental .Dan selanjutnya masukkan getas ketan hitam yang sudah digoreng tadi.Jangan lupa ladies untuk mengecilkan api .Aduklah ladies hingga getas atau kemplang berbalut gula secara merata.dan mengering.Selanjutnya angkat dan sajikan.

BOLU KETAN HITAM.
Bahan yang diperlukan :
~ 250 gram tepung ketan hitam.
~ 250 gram gula pasir.
~ 6 butir telur ayam.
~ 4 sendok susu kental manis.
~ 1sendok teh baking powder.
~ 1/2 sendok teh vanili bubuk.
~ 200 gram mentega lelehkan.
~ 1 sendok teh cake emulsifier.
Cara Membuatnya :
1.| Langkah pertama campurkan gula pasir dan telur ,juga cake emulsifier ,kemudian kocok dengan menggunakan mixer hingga mengembang.
2.| Selanjutnya masukkan tepung ketan hitam dan juga baking powder dan vanili sambil diayak.Kemudian kocok hingga rata.
3.| Selanjutnya tuangkan mentega dan susu kental manis secara bergantian sambil terus diaduk hingga adonan rata.
4.|¤Selanjutnya tuangkan adonan kedalam loyang bulat dengan diameter 20 cm dan semir dengan menggunakan margarin .Kemudian ratakan dan panggang dalam.oven bersuhu kurang lebih 180 derajat Celcius selama kurang lebih  30 menit hingga bolu ketan matang.Selanjutnya angkat dan lepaskan dari loyangnya.Potong-potong bolu ketan menurut selera dan sajikan.
Baca Juga : MENGENAL LEBIH JAUH MANFAAT ANTIOKSIDAN
BUGIS KETAN HITAM.
BAHAN KULIT YANG DIPERLUKAN :

~ 100 gram tepung ketan hitam.
~ 150 gram tepung ketan putih.
~ 50 gram tepung sagu.
~ 1/2 sendok teh garam.
~ 225 ml santan.
Bahan Isi :
~ 100 gram gula pasir .
~ 200 gram kelapa parut setengah tua dan parut agak kasar.
~ 1/2 sendok teh garam.
~ 2 lembar daun pandan.
~ 50 ml air.
Bahan kuah :
~ 500 ml santan kental.
~ 1 sendok makan tepung beras ,larutkan dengan sedikit santan.
~ daun pandan dan  dan garam secukupnya.
Untuk cara membuatnya :
1.| Isi : campurkan semua bahan dan masak.diatas api kecil hingga matang dan juga kesat.Selanjutnya angkat dan dinginkan .Kemudian bentuklah bulat kecil-kecil dan sisihkan.
2.| Kemudian rebuslah santan dan garam hingga mendidih .Kemudian sisihkan.Biarkan hangat.
3.| Untuk kulit : Campurkanlah tepung ketan hitam dan juga tepung ketan putih dan juga tepung sagu.Selanjutnya tuangi santan rebusan sambil sambil terus diaduk hingga adonan kalis.
4.| Selanjutnya ambilah adonan kulit dan pipihkan .Kemudian beri isi dan bentuklan seperti jambu air .Selanjutnya kukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan sisihkan.
5. |Kuah : Campurkanlah semua bahan ladies .Rebuslah diatas api kecil.sambil terus diaduk hingga mendidih dan kental dan angkatlah.
6. | Selanjutnya yang terakhir ,masukkan bugis dalam gelas saji dan tuangi kuah didalam gelas secukupnya.Dan siap disajikan dan dinikmati.
Resep bubur ketan bisa ladies lihat video youtube dibawah ini:

Baca Juga : MANFAAT LOBAK APA SAJA SIH ?
ROLL BLACK FOREST.
Bahan yang diperlukan :
~ 3 butir telur ayam .
~ 3 butir kuning telur.
~ 100 gram.gula pasir.
~ 1 sendok teh cake emulsifier.
~ 75 gram tepung terigu protein sedang.
~ 50 gram.tepung ketan hitam.
~ 50 gram mentega ,lelehkan. 
~ 1 sendok teh pasta coklat.
~ 300 gram butter cream.
~ cokelat masak.pekat serut secukupnya.
~ dark ceri secukupnya.
~ sirup.gula siap.pakai secukupnya.
Cara membuatnya :
1.| Pertama kocok telur ,kuning telur ,gula.pasir,dan cake emulsifier hingga kental.
Masukkanlah terigu dan juga ketan hitam .Selanjutnya kocok dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga adonan rata.
2.| Selanjutnya tuangi mentega leleh dan pasta cokelat dan aduk rata.
3.| Kemudian tuangkan adonan dalam loyang dengan ukuran 22 x 22 x 4 cm hingga 3/4 penuh.dan ratakan.Kemudian panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 25 menit hingga matang.Selanjutnaya angkat dan dinginkan
4.| Selanjutnya baliklah diatas kertas roti dan perciki permukaan roti.atau cake.dengan sirup gula .Kemudian olesi butter cream dan taburi coklat serut .Dan selanjutnya potong cake menurut selera.Dan sajikan.

Baca Juga : MANFAAT KEMIRI SELAIN BUMBU DAPUR

Simak juga video kemeriahnya jalan Pahlawan Madiun ,Malioboronya kota Madiun yang lagi viral:

Inspirasiku :

" Dihina dan diremehkan itu sakit.Namun apa kamu akan menerima apa yang dikatakan orang lain ?Apa yang dikatakan dan dingomongkan orang lain , jadikan kita termotivasi untuk mewujudkan impian kita.Dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda tak layak untuk diremehkan.Dan biarkan  waktu yang akan mengukir kesuksesan Anda sebagai pemenang.Katakan pada diri Anda bahwa kamu bisa sukses.Biarkan cibiran dan sindiran kamu jawab dengan kesuksesan dan kemakmuran hidupmu .Jangan biarkan kamu dihina .Apa yang menjadi impianmu perjuangkan."

    Demikian bahasan artikel mengenai manfaat ketan hitam dan juga olahan yang terbuat dari ketan hitam .Semoga bermanfaat Salam sehat dan sukses.bagi pembaca griyabiogreen.Jaya Indonesiaku.

Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Kota Madiun .Coba Intip Yuk Keramaiannya !

         GRIYA MADIUN  -Tak terasa tahun baru telah kita lewati ,berbagai kisah bahagia ,sedih telah menjadi bagian cerita dan kisah hidup , mau atau tidak mau wajib menjalani perannya masing-,masing. Di berbagai masyarakat di belahan dunia mana pun merayakan pergantian tahun di rayakan  dengan berbagai acara yang meriah ,dengan harapan tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin  . Tak terkecuali masyarakat di sekitar kota Madiun juga ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di pusatkan di Pahlawan Street Center ( PSC ) dan juga di Alun -Alun kota Madiun. Kami pun dari GMAMIL Team Sabtu (31/12/2022 ) tak ketinggalan ikut meriahkan dan meramaikan pergantian tahun baru di jalan Pahlawan kota Madiun yang di padati pengunjung yang sejak sore hari hingga tengah malam. Sepanjang jalan Pahlwan Street Center (PSC ) di tutup untuk segala kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes ,di Meriahka