Skip to main content

MANISNYA LEBIHI DARI GULA

   GRIYABIOGREEN-Lebih baik atau tidak , fakta menunjukkan pemanis buatan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini . Pemanis buatan menawarkan rasa manis gula dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.Tidak heran jika sebagian besar penderita diabetes atau kelebihan berat badan merasa aman merasa aman mengonsumsi pemanis buatan setiap saat.
    Pemanis buatan merupakan  solusi bagi penderita diabetes untuk memuaskan hasrat mereka akan gula . Apakah pengganti gula lebih baik dibanding gula biasa dan bagaimana seharusnya kita menggunakannya ?
  Kini ada ribuan produk makanan yang berlabel mengurangi jumlah kalori (kilojoule) yang mengandung satu atau lebih dari 13 jenis pengganti gula yang telah diizinkan penggunaanya di Indonesia.Berikut ini kita akan membandingkan perbedaan sejumlah pengganti gula terkenal dengan pro dan kontrannya, penggunaan terbaik , maupun pengaruh terhadap kesehatan.
Pemanis tanpa nilai gizi (rendah atau tanpa kalori)
     Jenis pemanis ini tidak terserap oleh tubuh dan dinilai tidak mengandung kalori .Artinya ,tidak mempunyai efek yang besar terhadap kadar gula darah .Hampir semua pengganti gula semua pengganti gula jenis ini tidak menyebabkan kerusakan gigi.Dapat digunakan untuk minuman teh ataupun kopi,masakan ,dan makanan  siap jual untuk membantu mengurangi kandungan total kalori dalam makanan .Dapat dikenali dalam produk-produk makanan dari nama atau nomornya.
SUKRALOSA(955)     Meski klaimnya "terbuat dari gula "sukrosa tidak 100% gula.Sukralosa dibuat melalui proses yang mengombinasikan gula dengan klorin
untuk menghasilkan suatu yang bebas kalori dan 600 kali lebih manis dari gula biasa .Sakralosa dapat digunakan untuk memasak bahkan memanggang (walaupun kurang ideal).Sukralosa dapat ditemukan pada lebih dari 4500 produk makanan, mulai dari yogurt dan es krin sampai minuman bersoda bermerk terkenal .Batas asupan harian (acceptable daily intake/ADI) 15 mg per kg berat badan.

Perhatian      Sukralosa tidak sepenuhnya bebas kalori .Menjadi rendah atau nol kalori karena pemakaiannya hanya sedikit sekali.Pemanis sukralosa juga mengandung karbonhidrat .Jumlahnya cukup subtansial bagi penderita diabetes , tetapi tidak dipertimbangkan karena klaimnya sebagai pemanis bebas kalori.
    Komponen klorin juga berpontensi karsinogenik .Gejala yang diduga terkait dengan sukralosa adalah percernaan , iritasi kulit ,batuk,pilek,sesak napas ,jantung berdebar ,gangguan suasana hati,depresi,dan mata gatal.
ASPARATAM(951)



Aspartam adalah salah satu pemanis buatan paling kontrovensial dewasa ini.Terbentuk dari dua asam amino yaitu fenilanin dan asam aspartat serta sekelompok metil ester .Asparatam 200 kali lebih manis daripada gula .Rasa manis aspartam menjadi lebih intens jika dikombinasikan dengan pemanis lain .Batas asupan harian 50 mg per kg berat badan.
Perhatian Aspartam tidak aman bagi penderita penyakit fenilketonuria yaitu suatu kelainan genetik yang langka dimana fenilalanin tak dapat dimetabolis sehingga meningkatkan kadar racun .Aspartam juga diduga terkait dengan sejumlah keluhan sakit kepala ,pusing ,mual,depresi ,dan bahkan kanker.Aspartam tidak dianjurkan untuk masakan karena panas terlalu tinggi atau tempo memasak terlalu lama dapat menyebabkan aspartam pecah dan kehilangan rasa manisnya .Batas asupan harian adalah 5 mg per kg berat badan.
SAKARIN (954)      Sakarin adalah pemanis buatan yang paling tua usianya , lebih dari 100 tahun , namun masih diperdebatkan keamanannya .Lebih manis 200 - 700  kali lipat dibanding gula biasa dan juga tidak dimetabolis oleh tubuh seperti penganti gula sejenisnya.
    Selain digunakan untuk pemanis minuman ,sakarin juga dapat digunakan dalam masakan .Namun diantara pemanis-pemanis  rendah kalori ,sakarin mulai kehilangan popularitasnya karena menyisakan rasa sedikit pahit setelah mengkonsumsinya,yang tidak ditemukan dalam pemanis-pemanis lainnya .Batas asupan harian adalah 5mg per kg berat badan.

Perhatian     Sejumlah penelitian pada hewan masih menemukan bukti karsinogenitas akibat sakarin.Sakarin juga diduga menimbulkan reaksi alergi .Reaksi dapat disebabkan oleh komponen sulfonamida yang memang dapat menimbulkan reaksi pada orang yang tidak tahan obat-obat sulfa .Reaksinya antara lain sakit kepala , kesulitan bernapas ,gatal-gatal pada kulit , dan diare.Meski aman,anaak-anak dan wanita hamil atau menyusui sebaiknya membatasi atau menghindari sakarin.

    ACESULFAM K atau ACE-K(950)      Pemanis umumnya digunakan dalam produk komersial seperti permen,permen karet,puding,cake dan roti ,yogurt dan produk susu lainnya.Meski 300 kali lebih manis dibanding gula biasa,ace-K juga tidak memiliki respon glikemik sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah ,kolesterol , dan trigiliserid,serta tidak menyebabkan kerusakan gigi.Ace-K juga lebih tahan lama dan tahan suhu tinggi sehingga aman digunakan untuk masakan.Lebih dari 90 penelitian telah memutuskan bahwa pemanis ini aman dan diakui di 90 negara.Ace-K disebut aman untuk wanita hamil atau menyusui , anak-anak , dan orang diabetes.Batas asupan harian adalah 15 mg per kg berat badan.

Perhatian     Ace-K mengandung zat karsinogen metilen klorida.Paparan metilen klorida dalam jangka panjang dapat menyebabkan sakit kepala ,depresi,mual,gangguan lever dan ginjal,gangguan penglihatan ,dan kanker pada manusia.

NEOTAM(961)      Berasal dari produsen yang sama ,neotam juga dibuat dari bahan yang sama seperti aspartam ,namun jauh lebih manis .Dibanding gula biasa,neotam 7000-13000  kali lebih manis.Neotam cepat termetabolis dan keluar dari tubuh dengan sempurna sehingga tidak menumpuk dalam tubuh .Penelitian pada hewan dan manusia menunjukan neotam aman untuk pederita diabetes dan fenilketonuria , bahkan untuk anak dan wanita hamil atau menyusui.Fenilalanin yang terserap juga kecil sekali sehingga produsen sering tidak mencatumkan peringatan bagi konsumen tentang fenilalanin dalam makanan.Batas asupan harian adalah 2 mg per kg berat badan.

Perhatian     Publikasi berbasis ilmiah mengenai neotam untuk masyarakat masih cukup kurang .Selama studi ilmiah belum dilakukan oleh laboratorium independen , penentang neotam akan menolak penggunaannya.
Pemanis Bernilai Gizi
     Dikenal sebagai pemanis modifikasi karbonhidrat pemanis pengganti ini adalah bentuk lain dari karbonhidrat ,dan karenanya tidak bebas dari kandungan kalori.Jenis-jenis ini mempunyai efek yang bervariasi terhadap kadar gula darah.

* POLIOL (Gula Alkohol)      Meski diberi nama gula alkohol ,poliol tidak mengandung gula maupun alkohol .Disebut gula alkohol karena sebagian strukturnya mirip gula dan sebagian lagi  mirip alkohol.Secara alami poliol juga dijumpai pada buah-buahan ,sedangkab dalam komersial diperoleh melalui proses fermentasi monosakarida dengan men ggunakan  kapang untuk pangan .Termasuk poliol adalah sorbitol(420),manitol(421),xylitol(965),maltitol(967),dan laktitol(968).Pemanis ini umumnya dipakai dalan produk -produk makanan seperti permen ,selai,jelli, serta produk pangan yanv dipanggang ,selain untuk pemakaian seperti gula meja.

    Poliol tidak menyebabkan kerusakan gigi ,bahkan xylitol dapat menggurangi risiko kerusakan gigi.Sejumlah poliol juga memiliki efek prebiotik atau secara selektif merangsang pertumbuhan atau aktifitas bakteri baik dalam usus.
Perhatian Poliol boleh dikonsumsi oleh diabetes,tetapi tidak dapat digunakan untuk menjaga atau menurunkan berat badan karena kadat kalorinya sama seperti gula .Poliol juga lambat diserap sehingga bisa menyebabkan kembung dan sakit perut ,juga berefek seperti obat pencahar jika dikonsumsi berlebihan.
Gunakan Seperlunya      Hampir semua produk makanan berlabel rendah gula tanpa tambahan gula ,rendah respon  glikemik,atau bebas rendah gula ,mengandung satu atau lebih penganti gula.Sejumlah produk seperti permen karet tanpa gula bahkan mengandung 4 sampai 5 jenis pemanis buatan berbeda.
    Dalam upaya memangkas jumlah asupan kalori dan efek buruk gula lainnya ,minuman dan makanan yang menggunakan pengganti gula dapat membantu penderita diabetes mengkontrol asupan karbonhidrat tetapi tetap bisa menikmati rasa manis.Meskipun demikian makanan bebas gula tidak berarti bebas karbonhidrat,dan tidak banyak manfaatnya dilihat dari segi nutrisi.Jadi ketika memilih makanan ,pertimbangkan dahulu manfaat dan kerugiannya bagi tubuh.Makanan mengandung penganti gula dapat dimasukkan kedalam pola makan kaya gizi seperti buah-buahan ,sayuran,biji-bijian alami,ikan dsb,namun tidak bisa dikonsumsi untuk menggantikan makanan tersebu
t.Referensi 



Baca Juga Apa Itu Anemia ? Serta Ragam Makanan Pencegah Anemia ?

Comments

RECENT POST FOR YOU LADIES!

NEWS FEED :

Adverticement

READ MOST POPULAR FOR YOU ,LADIES :

Malang Kota Wisata ,Dengan Segudang Keindahan Alam dan Juga Destinasi Wisatanya,Salah Satunya " Museum Angkut " Yang Menarik Untuk di Kunjungi ,Intip Yuk !

       GRIYA MADIUN -Museum Angkut Malang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan museum transportasi terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Museum ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari beberapa zona yang menampilkan kendaraan-kendaraan dari berbagai negara dan zaman. Salah satu zona yang paling populer di Museum Angkut adalah zona Hollywood, yang menampilkan replika mobil-mobil terkenal dari film-film Hollywood seperti Batmobile, Herbie, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga zona Eropa yang menampilkan replika kendaraan- kendaraan klasik dari Eropa seperti mobil Rolls Royce, Volkswagen Beetle, dan lain-lain. Baca Juga : Menjelajah Pesona Wisata Gunung Bromo ,Yang Menawarkan Keindahan Alamnya Nan Eksotis dan Menakjubkan ,Intip Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di Sini ! Baca Juga : Pola Pikir

Tips Praktis Membuat Ektrak Buah

    Madiun  - Sebelumnya akan saya jelaskan pengertian umum ekstrak buah yaitu cairan jernih atau keruh yang tidak difermentasi dari hasil pengepresan buah-buahan yang telah masak dan masih segar .Buah-buahan yang dapat diekstrak umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki kadara air tinggi dengan aroma yang kuat.Di Indonesia lazim dikenal adalah sari buah jeruk dan beberapa jenis buah lain seperti jambu biji,sirsak,,magga ,terong Belanda,Markisa dan nanas.Disamping itu kita juga mengenal sari buah apel ,anggur dan strowberry. Baca Juga : Explor Ngrowo Bening "EDU PARK " Madiun ! Inilah Fakta Unik dan Menariknya Destinasi  Wisata Yang Berada di Tengah Kota  Madiun .Coba Lihat Yuk ! Baca Juga :Protret Acara Madiun Mantu ,Berlangsung Meriah ,Lihat Yuk Kemeriahannya ! Baca Juga : Madiun Coolinary Festival ,Kota Madiun Berlangsung Meriah,Coba Intip Yuk  Meriahannya ! Secara sederhana sari buah dibuat dengan cara menghancurkan daging buah dan menyaringnya untuk

Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya !

         GRIYA MADIUN -Semarak hari jadi kota Madiun yang ke -105 tahun ,hari ini Sabtu ( 24 /6/2023 )  menggelar acara "Madiun CARNAVAL 'yang dibuka secara langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH. MM. Mpd bersama ibu dan juga di dampingi oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE MIB bersama para tamu undangan dan para  pejabat terkait . Ribuan pengunjung dan wisatawan tumplek blek  memadati rute konvoi para peserta "Madiun Carnival "  yang bertajuk " Harmony Budaya Nusantara " dengan  beragam kesenian di tampilkan dan juga di padati oleh  para penjual jajanan yang menjajakan dagangannya.. Pada acara kali ini,acara "Madiun Carnival "  konvoi karnaval mulai mengambil start  di depan gedung Balaikota Madiun jalan Pahlawan ( PSC )  menuju ke arah selatan melewati Jalan Cokroaminoto ,Jalan Musi  melewati pasar Sleko belok arah Utara dan terakhir ( finish ) di depan SMP 2 ,Jalan H Agus Salim  Madiun . Baca Jug

7 Manfaat Jeruk Purut Yang Perlu Kamu Ketahui ,Ingin Tahu Banyak ,Cek Saja di Sini ,Baca Yuk !

      GRIYA MADIUN - Jeruk purut ( dengan nama  ilmiah Citrus hystrix  )  adalah jenis jeruk kecil yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai bahan dalam minuman dan makanan. Jeruk purut memiliki kulit yang tebal banyak tonjolan ,berbintik  dan berwarna hijau tua polos dan berbintik-bintik , dengan daging buah yang berair dan beraroma khas. Jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk purut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Jeruk purut mengandung vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, minyak esensial yang terdapat dalam kulit jeruk purut juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Baca Juga : Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Int

Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk !

       GRIYA    MADIUN  - Beberapa hari lalu kota Madiun mengadakan acara " Akbar  Konser Dewa 19 ",selang satu hari kota Madiun mengadakan Kejurnas Drum Band Nasional yang di ikuti tak kurang dari 16 kontigen Drumd Band dari berbagai daerah dan propoinsi seperti kontigen drum band dari ,Jawa Barat,Jawa Timur,Kalimantan Selatan ,Lampung . Kerjunas Drumb Band Nasional ini di selenggarakan di Madiun ,Jawa Timur ,5 sampai  15 Desember 2022 .oleh Persatuan Drum  Band Indonesia (   PDBI ) . Sedangkan sejumlah kategori dalam kejuaraan Brum Band Nasional tersebut, yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB). Pada ajang lomba kali ini ,kontingen Lampung meraih medali emas dalam cabang lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB ) dengan meraih skor nilai 907,01 dengan catatan waktu 19.menit 58 detik . Sedangkan kontingen Drum Band  DI.Jogjakarta (

Kenali Yoga,Jenis-jenis Yoga ,Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh ,Kebugaran ,Mental,Fisik ,dan Kecantikan ,Intip Yuk Penjelasannya !

          GRIYA MADIUN - Yoga belakangan ini menjadi tren dan gaya hidup ,menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati .Meskipun yoga sering di identikan dengan meditasi ,pernapasan ,konsentrasi dan kesadaran ,pose ,dan relaksasi .baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh . fisik,mental,kebugaran tubuh dan juga baik untuk kecantikan . Dengan pengabungan latihan  ini ,yoga memberikan efek relaksasi dan menghilangkan ketegangan tubuh , menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Tujuan utama praktik yoga bisa bervariasi tergantung pada individu dan praktiknya. Namun, dalam tradisi kuno, tujuan utama yoga adalah untuk mencapai "Samadhi" atau keadaan kesadaran spiritual tertinggi dan pembebasan dari siklus penderitaan dan kelahiran kembali. Baca Juga : Meriahnya Acara ,Madiun Carnival ,Memperingati Hari Jadi Kota Madiun Yang Ke-105 ,Intip Yuk Keramaiannya dan Kemeriahannya ! Baca Juga : Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawa

Pagelaran Parade Senja di Kota Madiun ,Curi Perhatian Para Wisatawan Dari Berbagai Daerah ,Intip Yuk Kegiatannya dan Kemeriahannya !

        GRIYA MADIUN - Acara parade senja  merupakan agenda rutin yang diadakan  balaikota Madiun yaitu prosesi penurunan bendera yang di kemas dan di suguhkan secara menarik dan menawan dengan  kostum kebanggaan group  drumband dari kota Madiun .Tak hanya tampilannya yang memukau tapi juga di padu dengan mayoretnya yang cantik menarik dalam memimpin  dan menampilkan group drumband dengan kostumnya yang khas . Dalam acara parade senja kali ,menampilkan group drumband " Gita Bahana Nada " dari SMP Negeri 3 Madiun . Tampilan yang memukau dan apik yang di padukan dengan baris berbaris ,sukses menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat sekitar kota Madiun ,yang di pusatkan di balaikota Madiun dan sekitar kawasan Pahlawan Street Center ( PSC ) kota Madiun.. Baca Juga : Madiun Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Drumd Band Tingkat Nasional ,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk ! Baca Juga : Ingin Suasana Baru Saat Liburan Tahun Baru ? Coba Kunjungi Wisata Malam Ko

Rayakan ,Ulang Tahun ke -105 Kota Madiun,Berlangsung Meriah ,Intip Yuk Beragam Acara Menyambut Hari Jadi ke - 105 Kota Madiun !

     GRIYA MADIUN - Tidak terasa hari demi hari ,bulan demi bulan pun bergulir dan bertemu lagi di penghujung bulan Juni tahun 2023 ,tepatnya tanggal 20 Juni 2023 bertemu kembali pada acara ," Hari Jadi Kota Madiun Ke - 105 yang bertemakan " Kota  Madiun  Maju Mendunia " yang di sambut dengan berbagai acara  meriah yang telah di siapkan  oleh pemerintah daerah kota Madiun dan mendapat sambutan cukup meriah dan antusias dari masyarakat dalam  setiap.acara yang di adakan . Sebelum puncak acara " HUT Hari Jadi Kota Madiun ke -105 tahun " pemerintah kota Madiun mengadakan acara "Kenduri Akbar " yang di adakan di "Pahlawan Bisnis Center ( PBC )  " yang di pimpin langsung oleh Walikota Madiun Drs Maidi SH MM.Mpd ,Senin ( 19/6/2023 ) tadi malam . Seperti tradisi Jawa pada umum ,setiap mengadakan acara atau hajatan Akbar selalu mengadakan. acara Kenduri atau selamatan  agar kegiatan yang kita lakukan berjalan dengan lancar da

Bunga Indah ,Baunya Harum ,Bentuknya Mungil ,Ternyata Bunga Melati ,Juga Kaya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan ,Intip Yuk Apa Saja Manfaatnya !

  GRIYA MADIUN - Bunga melati memiliki bentuk yang khas dan warna yang indah. Berikut adalah deskripsi mengenai bentuk dan warna bunga melati:   Bentuk: Bunga melati memiliki bentuk kelopak yang menyerupai tabung atau corong. Kelopak bunga melati biasanya terdiri dari lima hingga delapan helai yang saling terhubung. Helai kelopak ini membentuk bunga yang terbuka dengan pusat yang lebih dalam.   Warna: Bunga melati umumnya memiliki warna putih yang murni. Warna putih ini melambangkan kebersihan, kesucian, dan keindahan. Namun, ada juga beberapa varietas melati yang memiliki warna bunga yang berbeda, seperti melati kuning, melati merah muda, atau melati ungu. Meskipun demikian, warna putih tetap menjadi warna yang paling umum dan populer untuk bunga melati. Baca Juga : Pola Pikir Kaya ,Untuk Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki ,Cek Yuk Resep Kaya & Sukses Robert Kiyosaki di Sini ,Baca Yuk ! Baca Juga : Tips Agar Sambal Tahan Lama ,Lihat Yuk Proses Lengkapnya,Cek di

Gurih Empuknya Jajanan Bolang -Baling " Ratu "Khas Madiun di Sebelah Traffic Light Jalan Bali Madiun ,,Rasanya Bikin Nagih ,Cobain Yuk !

    GRIYA MADIUN - Kota Madiun sudah banyak berbenah , mempercantik diri dan menghadirkan ikon -ikon wisata dunia menggagumkan ,seperti miniatur Ka'bah ,,Patung Singa Merlion ,Patung Liberty ,Tugu Monas ,Kincir Angin    Belanda  yang akan melengkapi keindahan kota ,yang akan  di hadirkan di kota Madiun,bukan saja terkenal sebagai kotanya  para pendekar ,tetapi juga ragam kuliner dan jajanannya . Salah satu jajanan yang lagi viral dan di enak di nikmati saat cuaca dingin seperti sekarang ini di kota Madiun yaitu " Golang -galing " atau orang Jakarta menyebutnya roti odading yang beberapa bulan lalu pernah viral dan trending di beberapa media online . Roti Odading atau di daerah Madiun sering di sebut dengan roti Golang -galing,Bolang -Baling atau roti bantal , yang mirip oliebollen ,donat goreng  makanan khas Belanda tekturnya gurih ,renyah dan empuk saat di gigit dan di kunyah .Pas di sandingkan dengan minuman  teh manis maupun susu jahe hangat saat cuaca di